Ironis! Produk Pangan Negara-Negara Arab Dijajakan di Supermarket Israel

Selasa, 25 Juni 2024 - 12:56 WIB
Kurma bersertifikat halal yang diproduksi di UEA dijual di supermarket di kota Acre, Israel utara. (Foto: Middle East Eye)
Hubungan dagang Israel dengan negara-negara Islam nyatanya masih lancar jaya di tengah genosida Negeri Yahudi itu terhadap Muslim di Jalur Gaza . Middle East Eye atau MEE melaporkan ratusan produk makanan yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan di negara-negara Arab banyak dipajang di toko-toko Israel. Produk-produk itu telah disertifikasi halal versi Yahudi.

MEE sengaja melakukan investigasi dalam rangka menyoroti hubungan dagang yang bertahan lama antara Israel dan sejumlah negara regional, termasuk Uni Emirat Arab , Mesir , Yordania , dan Maroko sejak dimulainya perang di Gaza, bahkan ketika Israel menghadapi kecaman internasional dan seruan boikot perdagangan atas tuduhan genosida atas 37.000 orang lebih warga Palestina.

Menurut database produk bersertifikat halal yang diterbitkan oleh Kepala Rabbi Israel, sertifikat baru telah disetujui untuk lusinan produk yang diproduksi di negara-negara Arab sejak Oktober tahun lalu.

MEE juga menemukan contoh produk bersertifikat halal yang diimpor dari negara-negara Arab yang dijual di rak-rak supermarket Israel dan online.



Kepala Rabbi Israel adalah lembaga keagamaan yang menerbitkan sertifikat halal, yang menunjukkan kepatuhan terhadap hukum Yahudi, yang diperlukan untuk produk makanan yang dimaksudkan untuk dijual di sebagian besar toko dan supermarket Israel.

Beberapa perusahaan yang dihubungi oleh MEE dan Arabian Post membantah mengekspor barang ke Israel, namun mengatakan produk mereka mungkin masuk ke pasar Israel melalui perusahaan dan distributor di negara ketiga.

Yang lain mengatakan produk mereka ditujukan untuk pasar Palestina, meskipun sertifikasi halal tidak diperlukan untuk produk yang dipasarkan hanya kepada warga Palestina di Israel atau wilayah pendudukan.

Berdasarkan undang-undang impor pangan Israel, tanggung jawab untuk memperoleh sertifikasi halal berada di tangan importir.

Meskipun sertifikasi tersebut belum tentu menunjukkan perdagangan terkini, jumlah sertifikat yang disetujui untuk produk-produk Arab menunjukkan bahwa infrastruktur perdagangan antara Israel dan negara-negara regional masih ada.

Data terbaru yang diterbitkan Biro Pusat Statistik Israel juga memberikan wawasan sejauh mana berlanjutnya perdagangan antara Israel dan sejumlah negara Arab.



Impor dari Mesir ke Israel pada bulan Mei 2024 bernilai $25 juta – dua kali lipat dibandingkan bulan yang sama pada tahun 2023, meskipun total impor untuk lima bulan pertama tahun ini turun sedikit menjadi $85,6 juta dibandingkan dengan 90,7 juta pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Impor dari UEA untuk lima bulan pertama tahun ini senilai hampir $1,2 miliar, sementara impor dari Yordania sebesar$129,1 juta. Nilai impor kedua negara pada bulan Mei lebih tinggi dibandingkan Mei 2023. Impor dari Maroko untuk lima bulan pertama tahun ini bernilai $7,4 juta.

Mahmoud Nawaja, koordinator jenderal komite nasional untuk gerakan Boikot, Divestasi dan Sanksi (BDS), mengatakan kepada MEE: “Pertumbuhan perdagangan antara negara-negara Arab dan Israel hanya dapat dianggap sebagai keterlibatan mereka dalam kejahatan Israel terhadap warga Palestina, dan genosida. khususnya di Gaza.

Hal ini tidak mencerminkan posisi masyarakat Arab, yang menyerukan boikot total. Negara-negara ini mempertahankan rezim kolonial Israel di bawah arahan AS.”

Hubungan Dagang

MEE menyebut, basis data investigasinya mencakup 35 perusahaan Mesir, 25 perusahaan Maroko, lima perusahaan Yordania, empat perusahaan Emirat, dan tujuh perusahaan asing yang berdagang dengan perusahaan Israel dari fasilitas produksi di UEA.

Sekitar 442 produk makanan telah mendapatkan sertifikasi halal. Makanan tersebut termasuk sayuran dan buah-buahan beku atau kalengan, minyak, tahini, gula, aprikot, tuna, mie, kacang tanah, dan jus.

Mesir dan Yordania, yang berbatasan dengan Israel dan wilayah Palestina yang diduduki, telah menjalin hubungan dagang dengan Israel yang dibangun berdasarkan hubungan diplomatik jangka panjang antarnegara.
Halaman :
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
وَاِذَا سَاَلَـكَ عِبَادِىۡ عَنِّىۡ فَاِنِّىۡ قَرِيۡبٌؕ اُجِيۡبُ دَعۡوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِ فَلۡيَسۡتَجِيۡبُوۡا لِىۡ وَلۡيُؤۡمِنُوۡا بِىۡ لَعَلَّهُمۡ يَرۡشُدُوۡنَ
Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi perintah-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran.

(QS. Al-Baqarah Ayat 186)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More