Nama 313 Nabi dan Rasul, Mulai dari Nabi Adam AS hingga Nabi Muhammad SAW

Senin, 29 Juli 2024 - 17:06 WIB
Nama 313 Nabi dan Rasul yang diutusa Allah SWT mulai dari Nabi Adam alaihisallam hingga Nabi Muhammad SAW ini penting diketahui oleh umat Muslim. Foto ilustrasi/ist
Nama 313 Nabi dan Rasul mulai dari Nabi Adam alaihisallam hingga Nabi Muhammad SAW ini penting diketahui oleh umat Muslim. Karena para Nabi dan Rasul tersebut diutus oleh Allah SWT untuk memberikan petunjuk dan membawa wahyu kepada umat manusia.

Namun soal jumlah nabi dan rasul memang ada seikit perbedaan, ada yang meyakini 124.000 nabi, dan 313 rasul. Ada juga yang menyebutkan 315 rasul. Tapi, hampir semua sepakat jumlah nabi dan rasul yang wajib diketahui adalah 25 orang.

“Menurut pendapat yang masyhur, sesungguhnya para rasul itu berjumlah 313, seperti yang disebutkan dalam hadits riwayat Abu Dzar RA,” jelasSyaikh Muhammad Nawawi al-Jawi al-Bantani dalam kitabnya ‘ats-Tsamaru al-Yani’ah fi Riyadh al-Badi’ah’ seperti dilansir muslimmoderat.

Siapa saja nama-nama 313 Nabi dan Rasul ini? Berikut daftar lengkapnya berdasarkan hadis yang diriwayatkan dari sahabat Anas radhiyallahu'anhu, mulai dari Nabi Adam alaihissalam hingga Nabi Muhammad SAW secara berurutan:

1. Nabi Adam Alaihissalam

2. Nabi Tsits Alaihissalam

3. Nabi Anuwsy Alaihissalam

4. Nabi Qiynaaq Alaihissalam

5. Nabi Mahyaa’iyl Alaihissalam

6. Nabi Akhnuwkh Alaihissalam

7. Nabi Idris Alaihissalam

8. Nabi Mutawatsilakh Alaihissalam

9. Nabi Nuh Alaihissalam

10. Nabi Hud Alaihissalam

11. Nabi Abhaf AS

12. Nabi Murdaaziyman AS

13. Nabi Tsari’ AS

14. Nabi Sholeh AS

15. Nabi Arfakhtsyad AS

16. Nabi Shofwaan AS
Halaman :
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Hadits of The Day
Dari Anas radhiyallahu 'anhu, dia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam terbiasa membaca doa: YA MUQALLIBAL QULUUB TSABBIT QALBII 'ALAA DIINIKA (Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku berada di atas agamamu). Kemudian aku pun bertanya, Wahai Rasulullah, kami beriman kepadamu dan kepada apa yang anda bawa. Lalu apakah anda masih khawatir kepada kami? Beliau menjawab: Ya, karena sesungguhnya hati manusia berada di antara dua genggaman tangan Allah Subhanahu wa Ta'ala yang Dia bolak-balikkan menurut yang dikehendaki-Nya.

(HR. Tirmidzi No. 2066)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More