Mungkinkah Israel Kalahkan Lebanon? Hizbullah Bukan Lagi Gerakan Gerilya Murni

Jum'at, 20 September 2024 - 14:49 WIB
Mungkinkan Israel kalahkan Lebanon? Foto: Ant
Mungkinkah Israel kalahkan Lebanon ? Kondisi terbaru saat ini, kedua negara sudah berada di ambang perang. Hal ini menyusul ledakan massal peralatan komunikasi Hizbullah di Lebanon maupun Suriah yang didugalantaranulah Israel.

Para analis mengatakan hal ini telah membuka babak baru dalam konflik kedua negara yang telah berlangsung puluhan tahun.

Setelah ledakan pager dan handset radio “walkie-talkie” selama dua hari, jumlah korban tewas di Suriah dan Lebanon mencapai 37 orang, dan ribuan lainnya terluka.

Sesuai dengan banyak serangan sebelumnya, Israel belum mengakui tanggung jawab atau mengomentari kejadian tersebut.

Dalam sebuah pernyataan tak lama setelah ledakan kemarin, Hizbullah mengatakan semua itu ulah Israel dan menambahkan bahwa Israel “pasti akan menerima hukuman yang adil atas agresi berdosa ini”.



Hizbullah dan Israel sebagian besar terlibat dalam konflik tingkat rendah sejak Israel melancarkan serangan ke Gaza, yang telah menewaskan lebih dari 41.000 orang sebagai pembalasan atas serangan mendadak pimpinan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober.

Pada akhir bulan Juli, Israel telah membunuh komandan Hizbullah Fuad Shukr di Beirut dan pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh di Teheran hampir secara bersamaan.

Banyak pihak memperkirakan bahwa pembunuhan tersebut akan memicu perang regional yang lebih luas, yang tentunya akan menyeret Iran ke dalam konflik yang selama ini mereka hindari. Namun, selain baku tembak yang relatif terkendali antara Hizbullah dan Israel pada akhir Agustus, belum ada tanggapan besar yang muncul.

Namun demikian, menurut para analis, sebagaimana dilansir Al Jazeera, serangan-serangan terbaru ini melampaui provokasi-provokasi sebelumnya dan, jika terjadi di jantung Hizbullah, mungkin akan memaksa terjadinya pembalasan yang tampaknya tidak ingin dihindari oleh para pemimpinnya dan sekutu-sekutunya.



Operasi yang Terburu-buru?

Pada bulan Februari, ketika jumlah anggota Hizbullah yang dibunuh oleh Israel mencapai ratusan, Sekretaris Jenderal Hassan Nasrallah menginstruksikan anggota kelompok tersebut untuk merusak, mengubur atau mengunci ponsel yang mereka gunakan, dengan menggambarkan bahwa ponsel tersebut lebih berbahaya daripada mata-mata Israel. .

Sebagai gantinya, kelompok tersebut mengimpor 5.000 pager berteknologi rendah yang kini tampaknya telah dicegat dan dijadikan jebakan sebagai bagian dari operasi gabungan oleh dinas intelijen Israel, Mossad, dan militernya.

Serangan terhadap sistem komunikasi Hizbullah tampaknya dirancang untuk memanfaatkan salah satu keuntungan utama Israel.

“Israel akan berada dalam posisi yang dirugikan jika mereka melancarkan invasi darat ke Lebanon,” kata Karim Emile Bitar, profesor hubungan internasional di l’Université Saint-Joseph de Beyrouth.

“Hizbullah mengetahui wilayah ini dengan lebih baik dan telah dilatih melalui partisipasinya dalam perang di Suriah.

“Mereka bukan lagi gerakan gerilya murni, melawan pendudukan. Mereka juga merupakan organisasi yang mampu melancarkan serangan,” lanjut Bitar.



Namun, ia menambahkan: “Dalam hal pertahanan terhadap teknologi baru dan serangan siber, mereka jelas lebih lemah dibandingkan Israel.”
Halaman :
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
وَهُوَ الَّذِىۡ جَعَلَـكُمۡ خَلٰٓٮِٕفَ الۡاَرۡضِ وَرَفَعَ بَعۡضَكُمۡ فَوۡقَ بَعۡضٍ دَرَجٰتٍ لِّيَبۡلُوَكُمۡ فِىۡ مَاۤ اٰتٰٮكُمۡ‌ؕ اِنَّ رَبَّكَ سَرِيۡعُ الۡعِقَابِ  ۖ وَاِنَّهٗ لَـغَفُوۡرٌ رَّحِيۡمٌ
Dan Dialah yang menjadikan kamu sebagai khalifah-khalifah di bumi dan Dia mengangkat (derajat) sebagian kamu di atas yang lain, untuk mengujimu atas (karunia) yang diberikan-Nya kepadamu. Sesungguhnya Tuhanmu sangat cepat memberi hukuman dan sungguh, Dia Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. Al-An'am Ayat 165)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More