Bom dalam Mainan Anak-Anak: Sejarah Singkat Jebakan Israel di Lebanon

Sabtu, 21 September 2024 - 16:41 WIB
Kelakuan Israel memasang bom pager dan Walkie Talkie pada obyek sipil di Lebanon bukan yang pertama. Foto/Ilustrasi: MEE
Lebanon masih belum pulih dari dua gelombang ledakan pager dan walkie-talkie. Kelakuan Israel ini telah menewaskan 32 orang dan melukai ribuan lainnya.

Meskipun Israel belum mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut, suara-suara pro-Israel dengan cepat memuji serangan tersebut sebagai contoh utama ketrampilan Zionis dalam melakukan genosida tanpa sebutir peluru pun.

Di sisi lain, kelompok hak azasi manusia mengecam cara keji Israel yang membunuh warga sipil dan anak-anak dengan cara biadab itu. Mereka mengatakan penggunaan senjata yang tidak pandang bulu adalah melanggar hukum perang.

Sebuah sumber yang dekat dengan Hizbullah mengatakan kepada Middle East Eye bahwa pager tersebut digunakan oleh "banyak orang dari berbagai jaringan, termasuk administrator, pekerja medis, paramedis, pekerja media, dan anggota sipil lainnya".

“Biasanya digunakan untuk arahan, pemanggilan rapat, untuk keadaan darurat atau keadaan siaga,” jelas sumber tersebut.



Namun ini bukan pertama kalinya Israel menggunakan metode jebakan yang tidak lazim untuk menargetkan Lebanon, dan ini juga bukan contoh pertama warga sipil dan anak-anak menjadi cacat dan dibunuh dengan menggunakan senjata semacam itu.

Bom Curah dan Ranjau Darat

Lebih dari satu juta bom curah berserakan di Lebanon selatan sebagai akibat serangan Israel terhadap wilayah tersebut selama bertahun-tahun.

Sejak konflik tahun 2006 antara Israel dan Hizbullah, yang melibatkan penggunaan senjata terlarang, banyak orang terbunuh di Lebanon setelah menemukan senjata tersebut.

Banyak anak-anak yang bermain di wilayah tersebut menemukan amunisi yang belum meledak ini.

“Mereka tampaknya tidak berbahaya, terutama bagi pikiran anak-anak yang penasaran,” kata Chris Clark dari Pusat Koordinasi Pekerjaan Ranjau PBB (UNMACC) di Lebanon, berbicara pada tahun 2006.



“Mereka kecil, mereka dengan mudah menyembunyikan diri di antara puing-puing atau puing-puing bom. Kami menemukan bahwa anak-anak tanpa sadar memungutnya dan kemudian, sayangnya, menderita luka-luka karenanya.”

Lebanon dan Israel termasuk di antara 33 negara yang belum menandatangani Konvensi Pelarangan Ranjau Anti-Personil (APMBC).

Israel menduduki Lebanon selatan antara tahun 1982 dan 2000 dan selama periode itu menanam ratusan ribu ranjau darat.

Pada saat mereka pergi, sekitar 37.000 hektar wilayah Lebanon diperkirakan telah terkontaminasi dengan ranjau yang belum meledak dan bahan peledak rakitan yang ditanam oleh berbagai pihak dalam perang saudara di Lebanon.

Pada tahun 2023, aktivitas pembersihan ranjau telah membersihkan sekitar 80 persen area ini dari bahan peledak.

Kebutuhan untuk melindungi anak-anak di Lebanon selatan dari ranjau dan bom curah telah menghasilkan beberapa solusi baru – termasuk pengerahan kelompok badut untuk mendidik mereka tentang bahaya peraturan bom yang tidak meledak.

Halaman :
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
يَمۡحَقُ اللّٰهُ الرِّبٰوا وَيُرۡبِى الصَّدَقٰتِ‌ؕ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ اَثِيۡمٍ
Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan bergelimang dosa.

(QS. Al-Baqarah Ayat 276)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More