Amalan Surat Ali Imran Ayat 26-27 yang Perlu Diketahui Umat Muslim

Senin, 23 September 2024 - 16:53 WIB
Surat Ali Imran Ayat 26-27 ini berisikan tentang kemahakuasaan Allah SWT di dunia. Sehingga bagi umat muslim, hanya Allah yang menjadi tempat kita untuk meminta dan memohon. Foto ilustrasi/ist
Surat Ali Imran ayat 26-27 selain perlu dibaca dan dipahami maknanya oleh setiap muslim, juga harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai salah satu bentuk keimanan kita terhadap kitab Allah SWT.

Surat Ali Imran Ayat 26-27 ini berisikan tentang kemahakuasaan Allah SWT di dunia. Sehingga bagi umat muslim, hanya Allah yang menjadi tempat kita untuk meminta dan memohon.

Dijelaskan juga bagaimana Allah hanya akan memberikan rezeki kepada orang-orang yang dikehendakinya.

Surat Ali Imran Ayat 26-27

قُلِ اللّٰهُمَّ مٰلِكَ الۡمُلۡكِ تُؤۡتِى الۡمُلۡكَ مَنۡ تَشَآءُ وَتَنۡزِعُ الۡمُلۡكَ مِمَّنۡ تَشَآءُ وَتُعِزُّ مَنۡ تَشَآءُ وَتُذِلُّ مَنۡ تَشَآءُ‌ ؕ بِيَدِكَ الۡخَيۡرُ‌ؕ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ قَدِيۡرٌ


Qulil laahumma Maalikal Mulki tu'til mulka man tashaaa'u wa tanzi'ulmulka mimman tashhaaa'u wa tu'izzu man tashaaa'u wa tuzillu man tashaaa'u biyadikal khairu innaka 'alaa kulli shai'in Qadiir

Artinya : "Katakanlah (Muhammad), "Wahai Tuhan pemilik kekuasaan, Engkau berikan kekuasaan kepada siapa pun yang Engkau kehendaki, dan Engkau cabut kekuasaan dari siapa pun yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan siapa pun yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan siapa pun yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sungguh, Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu."

تُوۡلِجُ الَّيۡلَ فِى النَّهَارِ وَتُوۡلِجُ النَّهَارَ فِى الَّيۡلِ‌ ۖوَتُخۡرِجُ الۡحَـىَّ مِنَ الۡمَيِّتِ وَتُخۡرِجُ الۡمَيِّتَ مِنَ الۡحَـىِّ‌ ۖ وَتَرۡزُقُ مَنۡ تَشَآءُ بِغَيۡرِ حِسَابٍ


Tuulijul laila fin nahaari wa tuulijun nahaara fil laili wa tukhrijul haiya minalmaiyiti wa tukhrijulo maiyita minal haiyi wa tarzuqu man tashaaa'u bighari hisab

Artinya : "Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Dan Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau berikan rezeki kepada siapa yang Engkau kehendaki tanpa perhitungan."

Amalan Surat Ali Imran Ayat 26-27

Surat Ali Imran Ayat 26-27 dikenal oleh umat muslim sebagai salah satu doa yang dapat mewujudkan keinginan, serta menjadi doa pelunas utang . Karena itulah, terdapat beberapa amalan yang sesuai dengan surah tersebut.

1. Berdoa di Waktu Mustajab

Sebagai salah satu bentuk ketaqwaan kita sebagai hampa pada Allah SWT adalah berdoa. Karena doa merupakan salah satu ibadah dan perantara antara manusia kepada Allah.

Sedangkan sebaik-baiknya doa adalah doa yang dilakukan di waktu mustajab doa. Beberapa waktu mustajab doa diantaranya :

- Sepertiga malam terakhir

- Malam lailatul qadar

- Setelah azan dan sebelum iqamah

- Pada saat sujud dalam shalat

- Pada saat turun hujan deras

2. Bekerja Keras

Selain berdoa, sebagai umat manusia yang hendak mewujudkan keinginannya juga wajib untuk berikhtiar atau berusaha. Karena usaha yang maksimal adalah salah satu kunci untuk bisa mewujudkan segala keinginan duniawi.

Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surah Ar-Ra'd ayat 11:

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ


Artinya: "Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah SWT. Sesungguhnya Allah SWT tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tidak ada yang dapat menolaknya dan sekali-kali tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia."

3. Melunasi utang

Sebagai umat muslim kita juga diwajibkan untuk melunasi segala hutang. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW;

"Barangsiapa yang ruhnya terpisah dari jasadnya dan dia terbebas dari tiga hal: 1). Sombong, 2). ghulul (khianat), dan 3). hutang, maka dia akan masuk surga.” (HR. Ibnu Majah no. 2412)

Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga bersabda agar sebaiknya umat muslim sebisa mungkin menghindari utang.

Berhati-hatilah kamu dalam berhutang, sesungguhnya hutang itu mendatangkan kerisauan di malam hari dan menyebabkan kehinaan di siang hari.” (HR. Al Baihaqi)

Karena itu, sebagai salah satu pengamalan surat Ali Imran Ayat 26-27 adalah dengan melunasi segala utang dan menghindarinya.



Wallahu A'lam
(wid)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Hadits of The Day
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Iman memiliki lebih dari enam puluh cabang, dan malu adalah bagian dari iman.

(HR. Bukhari No.8)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More