Ini 3 Jenis Rudal yang Digunakan Iran untuk Menyerang Israel

Rabu, 02 Oktober 2024 - 13:39 WIB
Rudal hipersonik Fattah yang dipamerkan pada parade militer tahun lalu. Foto: Press TV
Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran telah meluncurkan ratusan rudal balistik ke lokasi militer Israel di wilayah pendudukan pada hari Selasa, 1 Oktober 2024. Di antara rudal balistik yang digunakan dalam operasi tersebut adalah Ghadr dan Emad, serta rudal hipersonik terbaru Fattah.

Menurut Press TV, 90 persen rudal mengenai target yang dituju. Rekaman yang beredar daring menunjukkan para pemukim yang panik bersembunyi di tempat perlindungan bawah tanah saat rudal menghujani daerah jajahan itu.

Seperti apa sebenarnya rudal Iran itu yang digunakan untuk menyerang Israel itu?



Rudal Ghadr

Keluarga rudal Ghadr, yang diperkenalkan pada tahun 2005, merupakan varian yang disempurnakan dari rudal balistik jarak menengah Shahab-3, yang telah digunakan oleh pasukan militer Iran sejak tahun 2003.

Ini adalah roket dua tahap dengan tahap pertama berbahan bakar cair dan tahap kedua berbahan bakar padat, diproduksi dalam tiga jenis: Ghadr-S dengan jangkauan 1.350 km, Ghadr-H dengan jangkauan 1.650 km, dan Ghadr-F dengan jangkauan 1.950 km.

Rudal Ghadr berukuran panjang antara 15,86 hingga 16,58 meter dan memiliki diameter rangka pesawat 1,25 meter, dengan berat keseluruhan 15 hingga 17,5 ton.

Rudal ini lebih panjang dibandingkan dengan Shahab-3 sebelumnya. Rudal ini mengakomodasi tangki bahan bakar dan oksidator yang lebih panjang, membawa tambahan 1.300 hingga 1.500 kg propelan, yang memungkinkan mesinnya beroperasi selama sepuluh detik atau lebih.

Untuk mengimbangi massa propelan yang bertambah, rangka rudal dibuat menggunakan komponen paduan aluminium yang lebih ringan, mengurangi bobot inert sekitar 600 kg dibandingkan dengan versi baja murni.



Massa hulu ledak juga telah dikurangi dari 1.000 menjadi 650 kg, meningkatkan jangkauan rudal dari 1.200 menjadi hampir 2.000 kilometer.

Rudal Ghadr memiliki desain hulu ledak "botol bayi" yang dibentuk ulang, meningkatkan aerodinamika dan presisi. Hulu ledak yang didesain ulang, dikombinasikan dengan sistem pemandu yang lebih canggih, mengurangi probabilitas kesalahan melingkar (CEP) dari 2.500 menjadi 100-300 meter.

Rudal Emad

Sedangkan rudal balistik Emad merupakan versi perbaikan dari Ghadr, dengan panduan dan akurasi yang ditingkatkan, diuji dan mulai digunakan pada akhir tahun 2015.

Rudal ini memiliki hulu ledak yang dapat bermanuver. Dengan desain baru dan sirip di dasarnya, memungkinkannya rudal ini untuk diarahkan ke sasaran setelah memasuki kembali atmosfer. Menurut pejabat militer Iran, rudal ini mampu memandu dan mengendalikan hingga ke titik jatuhnya rudal, menjadikannya rudal berpemandu presisi pertama Iran.



Rudal Emad menggunakan bahan bakar cair, memiliki panjang 15,5 meter, massa 1.750 kg, jangkauan 1.700 km, dan CEP 50 meter.

Rudal Hipersonik Fattah

Rudal hipersonik Fattah-1 diresmikan Juni lalu dalam sebuah upacara yang dihadiri oleh mendiang Presiden Ebrahim Raisi, kepala IRGC Mayor Jenderal Hossein Salami, dan komandan kedirgantaraan IRGC Brigadir Jenderal Amir Ali Hajizadeh.
Halaman :
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
اَلۡيَوۡمَ نَخۡتِمُ عَلٰٓى اَفۡوَاهِهِمۡ وَتُكَلِّمُنَاۤ اَيۡدِيۡهِمۡ وَتَشۡهَدُ اَرۡجُلُهُمۡ بِمَا كَانُوۡا يَكۡسِبُوۡنَ‏
Pada hari ini (kiamat) Kami tutup mulut mereka, tangan mereka akan berkata kepada Kami dan kaki mereka akan memberi kesaksian terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan.

(QS. Yasin Ayat 65)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More