Wirid Imam Nawawi Bermanfaat untuk Apa? Ternyata Punya Banyak Keutamaan

Minggu, 06 Oktober 2024 - 09:25 WIB
Wirid atau Hizib Imam Nawawi adalah himpunan wirid atau zikit yang disusun Imam An-Nawawi dan beliau mengamalkannya . Foto ilustrasi/ist
Wirid Imam Nawawi ini merupakan salah satu zikir yang cukup populer di kalangan masyarakat. Namun masih banyak umat muslim yang belum mengetahui apa manfaat dari membaca wirid ini.

Imam Nawawi adalah salah satu ulama besar fiqih mazhab Syafi’i. Karyanya dalam bidang fiqih banyak menghiasi jendela khazanah keislaman, seperti kitab Minhaj ath-Thalibin, Raudhah ath-thalibin, dan al-Majmu’ ala Syarh al-Muhadzab.

Imam Nawawi juga dikenal sebagai pakar hadits. Dua karyanya dalam bidang hadits, yakni kitab al-Arba’in an-Nawawiyah dan Riyadh as-Shalihin banyak diajarkan di berbagai lembaga pendidikan yang tersebar di berbagai penjuru dunia, termasuk di Indonesia.

Sementara dalam hal zikir atau wirid, Imam Nawawi mengarang kitab al-Adzkar an-Nawawiyah yang di dalamnya menyebutkan berbagai macam zikir sekaligus sumber dalil pengambilannya.

Dalam kitab tersebut terdapat kumpulan wirid yang disebut dengan hizib Nawawi. Nama Hizib tersebut dinisbatkan kepada sang penyusun yang menjadi wali quthb di zamannya, yakni Syekh Abi Zakaria Yahya bin Syarafuddin an-Nawawi atau yang lebih dikenal dengan panggilan Imam Nawawi.

Manfaat Wirid Imam Nawawi

Manfaat wirid Imam Nawawi ini dipercaya dapat menjaga setiap muslim dari berbagai keburukan setan dan jin, serta juga untuk menghindarkan tipu daya orang-orang zalim.

وهو من المجربات العظيمة للحفظ من السحر والعين وشر الشيطان والجان، ولتفريج الكروب، ولرد كيد الظالمين وبغى الباغين، وحسد الحاسدین، والدخول تحت كنف الله وستره وحمايته -ومن فضائله أنه يكسو قارئه حلةً من البهاء والنور والجلال والجمال


Artinya : "Hizib ini termasuk hizib yang mujarab untuk menjaga dari sihir, tipuan mata (bagian dari sihir), dan keburukan setan dan jin. Hizib ini juga berfaedah untuk menghilangkan kesusahan, menolak tipu daya orang-orang yang zalim, menolak aniaya para penganiaya dan kedengkian para pendengki serta agar ternaungi dalam naungan dan perlindungan Allah. Sebagian fadhilah (keutamaan) yang lain, hizib ini akan menghiasi pembacanya dengan kemuliaan, cahaya, keagungan, dan keindahan” (Sayyid Mukhlif Yahya al-‘Ali al-Hudzaifi al-Husaini, al-Kunuz an-Nuraniyah, hal. 179-180).

Itulah sejumlah keutamaan yang akan didapat setiap muslim yang membaca zikir atau wirid Imam Nawawi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi setiap muslim.

(wid)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Para malaikat malam dan para malaikat siang saling bergantian mendatangi kalian. Mereka berkumpul saat shalat Subuh dan Ashar. Kemudian naiklah para malaikat malam (yang mendatangi kalian).  Lalu, Allah bertanya kepada mereka (dan Dia lebih mengetahui semua urusan mereka): Bagaimana keadaan hamba-hamba-Ku ketika kalian meninggalkannya?  Mereka (malaikat) menjawab: Kami meninggalkan mereka sedang shalat dan ketika kami mendatangi mereka, mereka juga sedang shalat.

(HR. Nasa'i No. 481)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More