Hadis dan Ayat-Ayat Al-Quran yang Mencela Kesombongan

Kamis, 10 Oktober 2024 - 14:37 WIB
Kesombongan dapat mendorong kepada penolakan terhadap perintah Allah SWT. Ilustrasi: Shutterstock
KESOMBONGAN dapat mendorong kepada penolakan terhadap perintah Allah SWT. Hal ini tercermin dari kisah Iblis bersama dengan Adam . Allah SWT berfirman:

"Berkata Iblis: 'Aku sekali-kali tidak akan sujud kepada manusia yang Engkau telah menciptakannya dari tanah liat kering (yang berasal dari) lumpur hitam yang diberi bentuk.'" ( QS al-Hijr : 33)

"... Aku lebih baik daripada dirinya..." ( QS Shad : 76)

Dalam bukunya berjudul "Fiqh Prioritas, Sebuah Kajian Baru Berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah" (Robbani Press, 1996 M), Syaikh Yusuf Al-Qardhawi menjelaskanatas dasar itulah kita diperingatkan untuk tidak melakukan kesombongan dan melakukan penghinaan terhadap orang lain.



RasulullahSAW bersabda, "Tidak akan masuk surga orang yang di dalam hatinya terdapat setitik kesombongan." (Muttafaq 'Alaih dari Abdullah bin Amr)

Dalam sebuah hadis qudsi disebutkan, "Kemegahan adalah kain-Ku, kesombongan adalah selendang-Ku, dan barangsiapa yang merebutnya dari-Ku, maka Aku akan menyiksanya." (HR Muslim dari Ibnu Masud).

Dalam hadis yang lain disebutkan, "Seseorang akan dianggap telah melakukan keburukan apabila dia menghina saudaranya sesama Muslim." [Muttafaq 'Alaih, dengan lafal dari Bukhari, al-Lu'lu' wal-Marjan (1439)].

"Barangsiapa yang mengulurkan pakaiannya (memanjangkan pakaian yang dikenakannya secara berlebihan) maka Allah tidak akan melihat kepadanya pada hari kiamat kelak." (HR Bazzar dari Zubair)

Selain dari hadis-hadis tersebut, al-Qur'an dalam berbagai ayatnya mencela orang yang melakukan kesombongan, dan menjelaskan bahwa kesombongan mencegah banyak orang untuk beriman kepada Rasulullah SAW, sekaligus menjerumuskan diri mereka ke neraka Jahanam:



"Dan mereka mengingkarinya karena kezaliman dan kesombongan (mereka) padahal hati mereka meyakini (kebenarannya)..." ( QS an-Nahl : 14)

"Maka masuklah pintu-pintu neraka Jahanam, kamu kekal di dalamnya. Maka amat buruklah tempat orang-orang yang menyombongkan diri itu" ( QS an-Nahl : 29)

"... Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong." (QS an-Nahl: 23)

"... Demikianlah Allah mengunci mati hati orang yang sombong dan sewenang-wenang." ( QS Ghafir : 35)

"Aku akan memalingkan orang-orang yang menyombongkan dirinya di muka bumi tanpa alasan yang benar dari tanda-tanda kekuasaan-Ku..." (QS al-A'raf: 146)

(mhy)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
يَمۡحَقُ اللّٰهُ الرِّبٰوا وَيُرۡبِى الصَّدَقٰتِ‌ؕ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ اَثِيۡمٍ
Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan bergelimang dosa.

(QS. Al-Baqarah Ayat 276)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More