Zikir ketika Sulit Tidur Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya

Senin, 28 Oktober 2024 - 19:36 WIB
Zikir ketika sulit tidur Bahasa Arab, Latin dan terjemahannya. Ilustrasi: Ist
Berikut ini adalah zikir ketika sulit tidur beserta latin dan artinya. Imam An-Nawawi dalam kitab "Al-Adzkar" mengisahkan suatu malam, Zaid bin Tsabit mengadu kepada Rasulullah SAW .

Menurutnya, dirinya semalaman tidak bisa tidur. Ia hanya tergolek di pembaringan dalam keadaan jaga. Ia gelisah. Pikiran dan batinnya mengembara kian kemari.

Rasulullah SAW kemudian mengajarinya doa yang dapat mengatasi kesulitan tidur karena gelisah. Inilah doanya.

اللَّهُمَّ غَارَتِ النُّجُومُ وَهَدَأَتِ الْعُيُونُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّومٌ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ أَهْدِئْ لَيْلِيْ وَأَنِمْ عَيْنِي


Allâhumma ghâratin nujûm wa hada’atil ‘uyûn, wa anta hayyun qayyûmun, lâ ta’khudzuhû sinatun wa lâ naum. Yâ hayyu, ya qayyûm, ahdi’ laylî wa anim ‘aynî.

Artinya: Tuhanku, bintang-bintang telah "tenggelam", dan banyak bola mata menjadi tenang sementara Kau adalah zat maha hidup dan zat maha tegak. Kantuk dan tidur tidak mempengaruhi-Mu. Wahai Zat Maha Hidup dan Zat Maha Tegak, tenangkan malam hamba dan istirahatkan sepasang bola mata hamba."



Zaid pun mengikuti anjuran Rasulullah. “Alhamdulillah, Allah hilangkan kegelisahan yang kuhadapi jelang istirahat di tempat tidur,” kata Zaid.

Zikir Menenangkan Hati

Sementara itu, ulama lain mengajarkan zikir yang mampu menenangkan hati yang gelisah, terutama ketika sulit tidur. Melalui zikir, seseorang dapat mengarahkan pikirannya kepada Allah SWT dan melepaskan kekhawatiran duniawi. Beberapa zikir yang dianjurkan ketika sulit tidur antara lain:

1. Membaca Ayat Kursi. Ayat Kursi ( QS Al-Baqarah : 255) dikenal memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah memberikan perlindungan dari gangguan dan menenangkan batin. Membaca Ayat Kursi sebelum tidur dipercaya dapat memberikan rasa aman dan ketenangan.

2. Membaca Tasbih , Tahmid , dan Takbir. Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk membaca zikir Subhanallah, Alhamdulillah, dan Allahu Akbar masing-masing sebanyak 33 kali sebelum tidur. Amalan zikir ini dapat menenangkan pikiran dan hati, sangat membantu bagi mereka yang sulit tidur.

Subhanallah” (Maha Suci Allah), “Alhamdulillah” (Segala Puji bagi Allah), dan “Allahu Akbar” (Allah Maha Besar).



3. Membaca doa sebelum tidur. Ini merupakan bagian dari zikir yang dapat menenangkan hati dan pikiran. Salah satu doa yang dianjurkan adalah: ‘Bismika Allahumma Ahyaa Wa Amuut’ (dengan menyebut nama-Mu Ya Allah, aku hidup dan aku mati).
(mhy)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Jauhilah prasangka buruk, karena prasangka buruk adalah ucapan yang paling dusta, janganlah kalian saling mendiamkan, janganlah suka mencari-cari isu, saling mendengki, saling membelakangi, serta saling membenci. Tetapi, jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara.

(HR. Bukhari No. 5604)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More