8 Tingkatan Neraka, Rasulullah Pernah Pingsan Saat Diberitahu Jibril

Minggu, 27 September 2020 - 12:30 WIB
( )

Rasulullah Jatuh Pingsan

Dalam Kitab Tanbihul Ghafilin disebutkan bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bertanya kepada Jibril: "Siapakah penduduk masing-masing pintu (neraka) itu?" [Baca Juga: NabiNabi pun bertanya: "Mengapa engkau tidak terangkan penduduk pintu ketujuh?"

Jibril pun menjawab: "Di dalamnya orang-orang yang berdosa besar dari umatmu yang sampai matinya belum sempat bertaubat."

Mendengar itu, Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم jatuh pingsan sehingga Jibril meletakkan kepala Nabi di pangkuan Jibril sehingga kembali sadar. Ketika sadar, Nabi صلى الله عليه وسلم berkata: "Ya Jibril, sungguh besar kerisauanku dan sedihku, apakah ada seorang dari umatku yang akan masuk neraka?" Jawab Jibril: "Ya, yaitu orang yang memiliki dosa besar dari umatmu."

Kemudian Nabi menangis, Jibril juga ikut menangis. Lalu Rasulullah صلى الله عليه وسلم masuk ke dalam rumahnya dan tidak keluar kecuali untuk salat, kemudian masuk kembali dan tidak berbicara dengan orang dan apabila salat selalu menangis dan memohon kepada Allah Azza wa Jalla.

Demikian dahsyatnya neraka dan tingkatannya sebagaimana disebut dalam Al-Qur'an . Semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah Ta'ala dan dipelihara dari azab neraka . Allahumma Aamiin.

Wallahu Ta'ala A'lam

( )
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Rabb Tabaaraka wa Ta'ala kita turun di setiap malam ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir dan berfirman: Siapa yang berdo'a kepadaKu pasti Aku kabulkan dan siapa yang meminta kepadaKu pasti Aku penuhi dan siapa yang memohon ampun kepada-Ku pasti Aku ampuni.

(HR. Bukhari No. 1077)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More