Doa Ini Singkat Tetapi Khasiatnya Luar Biasa

Senin, 22 Maret 2021 - 14:03 WIB
Ulama besar Yaman, Habib Umar Bin Hafizh ketika memanjatkan doa. Foto/Ist
Doa merupakan intisari ibadah dan menjadi amalam yang sangat dianjurkan dalam Islam. Dalam satu firman-Nya, Allah menegaskan siapa yang berdoa kepada-Ku niscaya Aku kabulkan.

Ada satu doa yang redaksinya pendek, namun memiliki khasiat dan keutamaan besar. Siapa yang istiqomah memohon dengan doa ini insya Allah mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat.



Al-Abbas, paman Rasulullah صلى الله عليه وسلم pernah berkata: "Ya Rasulullah, ajarkanlah aku doa". Lalu Rasulullah bersabda: "Wahai pamanku, bacalah: ‏أَلًْلّٰهُمَّ إِنِّي أَسأَلُكَ الۡعَافِيَۃَ (Allahumma Inni As Aluka Al-'Aafiyah).

Lalu apa yang dimaksud dengan 'Aafiyah?



Aafiyah bermaksud untuk menyelamatkan diri daripada semua kesusahan yang menimpa.

1. Untuk menjadi sehat, kita perlu berada di dalam 'Aafiyah.

2. Untuk terus hidup sejahtera, kita seharusnya berada di dalam 'Aafiyah.

3. Untuk mau anak-anak kita di lindungi, kita perlu berada di dalam 'Aafiyah.

4. Untuk memiliki materi yang cukup, kita haruslah berada didalam 'Aafiyah.

Jadi, pada hakikatnya 'Aafiyah itu bermaksud: Memohon perlindungan Allah daripada apapun, kesusahan, kesakitan dan segala penderitaan di dunia dan di Akhirat.

Al-Abbas kemudian datang kembali kepada Nabi setelah beberapa hari lalu. Beliau berkata: "Ya Rasulullah, Doa ini seolah-olah sedikit pendek. Aku minta sesuatu yang lebih besar".

Kemudian Rasulullah صلى الله عليه وسلم berkata: "Wahai pamanku yang dikasihi, mohonlah kepada Allah untuk 'Aafiyah, maka engkau tidak boleh diberi apa-apa yang lebih baik daripada 'Aafiyah. Itu adalah satu doa yang mudah namun terbaik".

Yang benar adalah setiap yang bermakna dari apa yang anda katakan (mohon) ketika berdoa. "Ya Allah, aku Memohon kepada-Mu agar aku selamat daripada semua kesusahan, kesulitan, kesedihan, bahaya (musibah) dan janganlah Engkau menguji aku dan lain-lain yang berat".

Semua permohonan itu termasuk di dalam doa : "Allahumma Inni As-Aluka Al-'Aafiyah." (Riyadh As Shalihiin, Imam At-Tirmidzi).

Berikut Lafaznya:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ


Allahumma Inni As-Aluka Al-'Aafiyah.

Artinya:
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Al Aswad bin Yazid, dia berkata; Abdullah berkata, Saya pernah mendengar Nabi kalian shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa menjadikan segala macam keinginannya hanya satu, yaitu keinginan tempat kembali (negeri Akhirat), niscaya Allah subhanahu wa ta'ala akan mencukupkan baginya keinginan dunianya. Dan barangsiapa yang keinginannya beraneka ragam pada urusan dunia, maka Allah subhanahu wa ta'ala tidak akan memperdulikan dimanapun ia binasa.

(HR. Ibnu Majah No. 4096)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More