Tadabur Surat Ar-Rahman Ayat 2 Sampai 4

Selasa, 13 Juli 2021 - 14:19 WIB
Ciri khas surah Ar-Rahman yaitu adanya kalimat berulang 31 kali Fa-biayyi alaai Rabbi kuma tukadzdziban (Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?). Foto/Ist
Ustaz Mukhlis Mukti Al-Mughni

Yayasan Pustaka Afaf

Surah Ar-Rahman adalah surah ke-55 dalam Al-Qur'an terdiri atas 78 ayat. Surah ini tergolong surat Makkiyah karena diturunkan di Makkah. Allah mengawali surah ini dengan kalimat mulia Ar-Rahman (الرّحْمنن) yang artinya (Allah) Yang Maha Pengasih.



Berikut Lanjutan Tadabur Ayat ke-2 sampai 4:



عَلَّمَ الْقُرْآنَ


"Yang telah mengajarkan Al-Qur'an." (QS Ar-Rahman: 2)

Pesan dan Hikmah

1. Salah satu nikmat terbesar dan yang pertama kali Allah ingatkan adalah nikmat diajarkannya Al-Qur'an kepada kita. Bahkan hal itu disebutkan sebelum nikmat penciptaan manusia.

2. Jagalah nikmat terbesar ini jika kita ingin selamat dan bahagia di dunia dan akhirat.

3. "Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al-Qur'an dan mengajarkannya". (Al-Hadits)

4. Kewajiban kita terhadap Al-Qur'an sebgai pedoman hidup; mulai dari membacanya, memahami, mengamalkan, mendakwahkannya dan berusaha menghapalnya.

خَلَقَ الإنْسَانَ


"Dia menciptakan manusia." (QS Ar-Rahman: 3)

Pesan dan Hikmah

1. Nikmat berikutnya adalah penciptaan kita. Manusia bukan ada dengan sendirinya tapi Allah yang menciptakannya. Karnanya jangan lupa dengan sang Pencitanya sebagai syukur kita kepadanya.

2. Allah menciptakan manusia dalam bentuk yang sempurna dari segi rupa, bentuk dan fungsinya.

عَلَّمَهُ الْبَيَانَ


"Mengajarnya pandai berbicara". (QS Ar-Rahman: 4)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
cover top ayah
فَقَضٰٮهُنَّ سَبۡعَ سَمٰوَاتٍ فِىۡ يَوۡمَيۡنِ وَاَوۡحٰى فِىۡ كُلِّ سَمَآءٍ اَمۡرَهَا‌ ؕ وَزَ يَّـنَّـا السَّمَآءَ الدُّنۡيَا بِمَصَابِيۡحَ ‌ۖ وَحِفۡظًا ‌ؕ ذٰ لِكَ تَقۡدِيۡرُ الۡعَزِيۡزِ الۡعَلِيۡمِ
Lalu diciptakan-Nya tujuh langit dalam dua masa dan pada setiap langit Dia mewahyukan urusan masing-masing. Kemudian langit yang dekat (dengan bumi), Kami hiasi dengan bintang-bintang, dan (Kami ciptakan itu) untuk memelihara. Demikianlah ketentuan (Allah) Yang Mahaperkasa, Maha Mengetahui.

(QS. Fussilat Ayat 12)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More