15 Orang yang Selalu Didoakan Para Malaikat, Berikut Hadisnya

Senin, 26 Juli 2021 - 21:01 WIB
Rasulullah bersabda:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ وَأَهْلَ السَّمَوَاتِ وَالأَرَضِينَ حَتَّى النَّمْلَةَ فِي جُحْرِهَا وَحَتَّى الحُوتَ لَيُصَلُّونَ عَلَى مُعَلِّمِ النَّاسِ الخَيْرَ

"Sesungguhnya Allah, para Malaikat-Nya, penduduk langit-langit dan bumi-bumi, hingga semut-semut yang ada di lubangnya, hingga ikat-ikan, benar-benar semuanya bershalawat (memintakan ampun) untuk orang yang mengajari kebaikan kepada manusia." (HR. At-Tirmidzi No 2685)

14. Orang yang Bersiwak Ketika Hendak-Sholat dan Membaca Al-Qur'an

Berikut keutamaan bersiwak yang mendatangkan keridhoaan Allah. Para Malaikat juga menyukai mereka yang bersiwak. Rasulullah SAW bersabda: "Seorang hamba apabila bersiwak kemudian berdiri shalat maka ada malaikat berdiri di belakangnya dan mendekat sampai meletakkan mulutnya di atas mulut hamba itu. Sehingga, tidaklah dia membaca satu ayat pun kecuali berada di rongga malaikat. Maka sucikanlah mulut kalian untuk membaca Al-Qur'an." (Riwayat dari Sayyidina Ali radhiyallahu 'anhu)

15. Orang yang Mengkhatamkan Al-Qur'an

Para Malaikat juag mendoakan orang yang Mengkhatamkan kitabullah (Al-Qur'an). Rasulullah SAW bersabda: "Ketika seorang hamba membaca Al-Qur'an ketika khatamannya ada 60 ribu Malaikat yang ikut membacakan sholawat (mendoakan) hamba tersebut." (HR Adalaimi)

Di riwayat lain: "Barang siapa yang mengkhatamkan Al-Qur'an di pagi hari maka para Malaikat semuanya membaca sholawat (mendoakan) orang tersebut sampai sore hari. Dan barangsiapa yang mengkhatamkan Al-Qur'an di sore hari maka para Malaikat semuanya membaca sholawat (mendoakan) orang tersebut sampai pagi hari." (HR Abu Nuaim)

Wallahu A'lam

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
cover top ayah
فَلَمَّا نَسُوۡا مَا ذُكِّرُوۡا بِهٖ فَتَحۡنَا عَلَيۡهِمۡ اَبۡوَابَ كُلِّ شَىۡءٍ ؕ حَتّٰٓى اِذَا فَرِحُوۡا بِمَاۤ اُوۡتُوۡۤا اَخَذۡنٰهُمۡ بَغۡتَةً فَاِذَا هُمۡ مُّبۡلِسُوۡنَ
Maka ketika mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami pun membukakan semua pintu kesenangan untuk mereka. Sehingga ketika mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka secara tiba-tiba, maka ketika itu mereka terdiam putus asa.

(QS. Al-An'am Ayat 44)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More