Tadabur Surat Yusuf, Kisah Terindah yang Menceritakan 10 Episode

Selasa, 05 Oktober 2021 - 23:10 WIB
Ilustrasi Nabi Yusuf (kiri) ketika diangkat menjadi Menteri Bendahara Kerajaan Mesir. Foto/tangkapan layar film Nabi Yusuf
Ustaz Mukhlis Mukti Al-Mughni

Yayasan Pustaka Afaf,

Lulusan Al-Azhar Mesir

Salah satu fadhilah membaca dan men-tadaburSurat Yusuf (يوسف) adalah dapat menghapus kesedihan. Apabila seseorang dilanda sedih maka kesedihannya akan terhapus setelah membaca surat ini. Apabila mengalami kesulitan maka ia akan semangat menanti kemudahan.

Satu-satunya surat dalam Al-Qur'an yang menceritakan kisah seorang Nabi secara lengkap ialah Surat Yusuf. Surat ini diturunkan di Makkah (surah ke-12) terdiri dari 111 ayat.



Berikut 10 Episode kisah Nabi Yusuf 'alaihissalam yang diceritakan dalam Al-Qur'an Surat Yusuf :

Episode 1:

Berbicara tentang keutamaan Al-Qur'an dan mimpinya Yusuf serta nasehat ayahnya.

Episode 2:

Berbicara tentang tipu daya saudara-saudaranya Yusuf serta kedengkian mereka yang ingin menyingkirkan Yusuf dari pangkuan ayahnya.

Episode 3:

Ditemukannya Yusuf remaja di dalam sumur yang gelap, hingga dijadikan budak, lalu tinggal bersama dengan pejabat Mesir sampai akhirnya terjadi fitnah wanita dan masuk penjara.

Episode 4:

Terbongkarnya fakta yang membuat Nabi Yusuf terbebas dari fitnah wanita.

Episode 5:

Dipenjaranya Yusuf dan dakwah tauhid yang diajarkan beliau kepada teman sepenjaranya hingga mampu menafsirkan mimpinya.

Episode 6:

Penguasa Mesir bermimpi yang kemudian ditafsirkan oleh Nabi Yusuf dan kembalinya reputasi Yusuf dari penjara ke istana.

Episode 7:
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
cover top ayah
وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏
Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib.

(QS. Al-Maidah Ayat 116)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More