7 Keistimewaan Suku Quraisy, Kabilah Paling Mulia di Muka Bumi

Selasa, 21 Desember 2021 - 22:05 WIB
Suku Quraisy terkenal sebagai pedagang-pedagang ulet dan selalu mencari orang-orang yang butuh untuk dibantu. Foto/Ist
Suku Quraisy adalah salah satu kabilah yang namanya diabadikan Al-Qur'an yaitu Surat Quraisy (surat ke-109 terdiri atas 4 ayat). Quraisy merupakan kabilah paling mulia di muka bumi karena dari suku inilah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dilahirkan.

Sebelum kelahiran Nabi Muhammad, Suku Quraisy terkenal dengan kebiasaannya yang kacau, sukar dikendalikan, terpecah belah antarsuku, kasar, saling bermusuhan, sangat penuh perasaan, fasih berbicara dan puitis.

Setelah penaklukan Makkah pada Tahun 630, Nabi Muhammad memaafkan orang-orang Quraisy yang sebelumnya memusuhi beliau. Orang-orang pun berbondong-bondong masuk Islam. Islam pun semakin kuat, eksistensi Suku Quraisy kian dikenal di jazirah Arab.

Penamaan Quraisy berasal dari nama lain Fihr yang merupakan leluhur Nabi Muhammad. Di mana Fihr kemudian menurunkan sampai Qushay bin Kilab. Silsilah lengkapnya sebagai berikut, Muhammad bin Abdullah bin 'Abdul Muththalib bin Hasyim bin 'Abd al-Manaf bin Qushay bin Kilab bin Murra bin Kaa'b bin Lu'ay bin Ghalib bin Quraisy (Fihr) bin Malik bin Nazar bin Kinanah bin Khuzaymah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mazar bin Nazar bin Ma'ad bin Adnan bin Ismail bin Ibrahim 'alahissalam.

Ada pula pendapat bahwa Quraiys berasal dari kata Qarasya (قرش) yang artinya berusaha atau mencari. Suku ini dinamakan Quraisy karena terkenal sebagai pedagang yang ulet dan selalu mencari orang-orang yang butuh untuk dibantu.



Begitu hebatnya suku Quraisy sehingga dimanapun mereka berada selalu disegani dengan hanya menyebut kata "Quraisy". Allah menjamin tanah yang didiaminya aman, berlimpah rezeki makanan dan buah-buahan.

Sampai disebutkan sedikitnya ada 7 keistimewaan Quraisy. Ketika menjelaskan Asbabun Nuzul Surat Quraisy, Syekh Wahbah Az-Zuhaili dalam Tafsir Al-Munir mengetengahkan hadis yang juga dikutip Ibnu Katsir dalam tafsirnya.

Dari Ummu Hani' binti Abu Thalib, bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Allah memuliakan kaum Quraisy dengan tujuh hal, yaitu:

1. Aku (Nabi Muhammad) dari kalangan mereka.

2. Kenabian berada di tengah-tengah mereka

3. Hijabah (pemeliharaan Ka'bah) ada pada mereka.

4. Siqayah (Pengelolaan air zam-zam dan haji) ada pada mereka.

5. Allah menolong mereka dari pasukan gajah.

6. Mereka menyembah Allah selama sepuluh tahun saat tidak ada kaum selain mereka yang menyembah-Nya.

7. Allah menurunkan satu surat di dalam Al-Qur'an yang berbicara mengenai mereka. Lalu Rasulullah membaca Surat Quraisy. (HR Al-Baihaqi)

Kemuliaan suku Quraisy juga digambarkan dalam Hadis berikut: "Sesungguhnya Allah telah memilih Ismail menjadi anak Ibrahim dan Dia telah memilih keturunan Kinanah menjadi keturunan Ismail dan Dia telah memilih Quraisy dari keturunan Kinanah dan Dia telah memilih Hasyim dari Quraisy, dan Dia telah memilih aku dari keturunan Hasyim." (HR at-Turmudzi dari Watsilah bin al-Asqa)

Dalam riwayat lain disebutkan dari Anas radhiyallahu 'anhu, Rasulullah bersabda: "Para imam (pemimpin) itu dari Quraisy. Jika mereka memerintah, mereka adil. Jika berjanji, mereka memenuhinya, dan jika mereka diminta belas kasihan, mereka akan berbelas kasih. Siapa saja di antara mereka yang tidak berbuat demikian, maka dia akan mendapatkan laknat Allah, laknat para malaikat, dan laknat seluruh manusia. Tidak dapat diterima taubat dari mereka dan tidak diterima pula tebusan (azab) dari mereka." (HR Al-Bukhari dalam Al-Anbiya’, Abu Daud, dan Imam Ahmad)

Tafsir Singkat Surat Quraisy

لِإِيلَافِ قُرَيْشٍ (1) إِيلَافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاءِ وَالصَّيْفِ (2) فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَذَا الْبَيْتِ (3) الَّذِي أَطْعَمَهُمْ مِنْ جُوعٍ وَآمَنَهُمْ مِنْ خَوْفٍ (4)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
cover top ayah
قُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنِيۡنَ يَغُـضُّوۡا مِنۡ اَبۡصَارِهِمۡ وَيَحۡفَظُوۡا فُرُوۡجَهُمۡ‌ ؕ ذٰ لِكَ اَزۡكٰى لَهُمۡ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ خَبِيۡرٌۢ بِمَا يَصۡنَـعُوۡنَ
Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu, lebih suci bagi mereka. Sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.

(QS. An-Nur Ayat 30)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More