Pandangan Para Mufasir Tentang Pengangkatan Nabi Isa ke Langit

Kamis, 23 Desember 2021 - 22:57 WIB
Kesimpulannya dari berbagai referensi di atas, memang tidak ditemukan keterangan atau penjelasan yang mendukung bahwa ada salah satu murid Nabi Isa atau Hawariyyun yang berkhianat kepada Nabi Isa, sebagaimana kisah-kisah yang selama ini berkembang dan diajarkan pada pelajaran agama Islam di sekolah-sekolah.

Dan kesalahpahaman ini wajib diluruskan dalam akidah umat Islam agar tidak terjebak pada fitnah yang diciptakan orang-orang Yahudi. Tentu, kebenaran ini pun didukung oleh Al-Qur'an, sebagaimana firman Allah pada Surah Ali Imran 52:

فَلَمَّآ اَحَسَّ عِيْسٰى مِنْهُمُ الْكُفْرَ قَالَ مَنْ اَنْصَارِيْٓ اِلَى اللّٰهِ ۗ قَالَ الْحَوَارِيُّوْنَ نَحْنُ اَنْصَارُ اللّٰهِ ۚ اٰمَنَّا بِاللّٰهِ ۚ وَاشْهَدْ بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ

"Maka ketika Isa merasakan keingkaran mereka (Bani Israil), dia berkata, 'Siapakah yang akan menjadi penolong untuk (menegakkan agama) Allah?"

Para Hawariyyun (sahabat setianya) menjawab, "Kamilah penolong (agama) Allah. Kami beriman kepada Allah, dan saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang Muslim."

Maka di sinilah fakta otientik dari Al-Qur'an menyatakan bahwa murid-murid Nabi Isa merupakan pengikut yang setia. Bahkan mereka sanggup mengorbankan nyawanya demi Nabi utusan Allah.

Wallalhu A'lam

(rhs)
Halaman :
Follow
cover top ayah
وَلَا تَكُوۡنُوۡا كَالَّذِيۡنَ تَفَرَّقُوۡا وَاخۡتَلَفُوۡا مِنۡۢ بَعۡدِ مَا جَآءَهُمُ الۡبَيِّنٰتُ‌ؕ وَاُولٰٓٮِٕكَ لَهُمۡ عَذَابٌ عَظِيۡمٌۙ
Dan janganlah kamu menjadi seperti orang-orang yang bercerai berai dan berselisih setelah sampai kepada mereka keterangan yang jelas. Dan Mereka itulah orang-orang yang mendapat azab yang berat,

(QS. Ali 'Imran Ayat 105)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More