Jasad Guru Ngaji Viral, Ini 10 Golongan yang Jasadnya Utuh dalam Kubur

Sabtu, 15 Januari 2022 - 22:29 WIB
Jasad guru ngaji di Subang, Jawa Barat, kondisinya masih utuh dan mengeluarkan aroma wangi meski telah dikubur lebih dari 17 tahun. Foto/dok iNews Tv
Jasad guru ngaji yang masih utuh setelah 17 tahun dikubur menuai perbincangan publik. Video pembongkaran makamnya di Subang Jawa Barat viral setelah penggali kubur menemukan jasadnya utuh dan mengeluarkan aroma harum.

Bagi masyarakat awam, pemandangan ini sangat mengejutkan dan mengundang tanya. Kenapa jasadnya utuh, padahal sudah dikubur belasan tahun. Biasanya orang yang sudah mati, jasadnya akan membusuk dalam tanah.

Dalam perspektif Islam, setiap manusia yang meninggal akan berada di alam kubur (alam Barzakh) hingga hari Kiamat tiba. Alam Barzakh artinya sekat atau pembatas antara alam dunia dan alam akhirat.

Apabila selamat dalam kubur, maka setelahnya lebih ringan, dan jika tidak selamat dalam kubur maka setelahnya lebih berat daripadanya. Keadaan manusia di alam kubur akan berbanding lurus dengan amalannya ketika di dunia.

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam pernah ditanya oleh Sayyidah Aisyah radhiyallahu 'anhu mengenai azab kubur. Rasulullah bersabda: "Iya, azab kubur pasti ada." (HR Al-Bukhari)



Jika ia orang saleh, maka kuburnya akan diberi keluasan dan kemuliaan, mereka mendapat nikmat dari Allah menunggu datangnya hari Kiamat. Sebaliknya, orang kafir, zalim atau pendosa akan mendapat siksa kubur, jeritan dan kepedihan, hingga hari Kiamat tiba. Na'udzubillahi min dzalik.

10 Golongan yang Jasadnya Utuh

Dinukil dari Hadis riwayat Imam Al-Bukhari dan Muslim, Nabi menjelaskan ada 10 golongan yang jasadnya utuh dan tidak hancur ketika dikubur.

1. Para Nabi dan Rasul.

2. Para Ahli Jihad fisabilillah.

3. Para Ulama yang menegakkan kalimat Allah.

4. Para Syuhada yang memperjuangkan Islam.

5. Para penghafal Al-Qur'an dan beramal dengan Al-Qur'an.

6. Imam (pemimpin) adil yang senantiasa menegakkan syariat Allah.

7. Muadzin yang tidak menerima imbalan.

8. Wanita yang wafat ketika melahirkan anak serta senantiasa taat pada perintah Allah.

9. Orang yang terbunuh atau dianiaya karena mempertahankan kehormatan diri dan agama.

10. Orang yang mati di siang hari atau malam Jumat jika mereka dari kalangan orang beriman yang menjaga hukum agama semasa di dunia.

5 Golongan yang Bebas dari Siksa Kubur
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Al Aghar Al Muzanni, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya hatiku tidak pernah lalai dari dzikir kepada Allah subhanahu wa ta'ala, sesungguhnya aku beristighfar sebanyak seratus kali dalam sehari.

(HR. Muslim No. 4870)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More