Jangan Remehkan Ibadah Ini, Nilainya Lebih Utama dari Puasa

Rabu, 19 Januari 2022 - 18:19 WIB
Ibadah yang lebih afdhal daripada puasa adalah sholat, bahkan lebih afdhal dari seluruh ibadah badaniyah. Foto ilustrasi/Ist
Dari banyak amal ibadah, ada satu ibadah yang paling afdhol (utama) dari seluruh ibadah badaniyah. Bahkan ibadah yang satu ini lebih utama dari puasa.

Ibadah ini termasuk dalam rukun Islam dan menjadi pembeda antara seorang muslim dan kafir. Sedihnya, sebagian kaum muslimin ada yang meremehkan bahkan tidak merasa menyesal ketika meninggalkan ibadah yang satu ini.

Dai yang juga pengajar Rumah Fiqih Indonesia Ustaz Muhammad Ajib Lc dalam bukunya "33 Macam Jenis Shalat Sunnah" menyebutkan, ibadah yang dimaksud ialah sholat.

Sholat merupakan ibadah badaniyah paling afdhal untuk kita kerjakan. Ustaz Ajib menukil perkataan Imam an-Nawawi rahimahullah (wafat 676 H) dalam kitabnya al-Majmu' Syarh al-Muhadzdzab:

ما حكم املرألة فاملذهب الصح ح املشهور ن الصعل فضل من



الصو وسائ ادات ال دن. اجملموع شرح املهذب )4 /3 )

"Adapun mengenai masalah ini mazhab yang shahih dan masyhur adalah bahwa sesungguhnya ibadah sholat itu lebih afdhal dari pada ibadah puasa, bahkan lebih afdhal dari seluruh ibadah badaniyah."

Kenapa bisa demikian? Ternyata alasannya adalah bahwa dalam sholat itu terkumpul di dalamnya beberapa ibadah seperti diawali dengan thaharah (wudhu), menghadap kiblat, membaca ayat Al-Qur'an, membaca dzikir dan shalawat kepada Nabi shallallahu alaihi wasallam.

Juga diperkuat dengan hadis Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berikut:

ن ثوابن رضي هللا نه قال: قال رسول هللا ص هللا ه وس م:

»استق موا، ولن حتصوا، وا موا ن خري مالكم الصعل، وال

حيافظ الوضو إال مؤمن«. رواه ابن ماجه.

"Dari Tsauban radhiyallahu 'anhu beliau berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Istiqamahlah kalian dan kalian tidak akan mampu dengan maksimal. Ketahuilah bahwa amal perbuatan kalian yang paling baik adalah sholat. Dan tidak ada yang menjaga wudhu kecuali adalah orang yang beriman. (HR Ibnu Majah)

Karena itu, para ulama Salaf sangat besar perhatiannya terhadap ibadah yang satu ini. Jangankan ibadah shalat 5 waktu yang hukumnya wajib, shalat sunnah saja mereka tetap lakukan karena ingin mengikuti dan meneladani Nabi shallallahu 'alaihi wasallam.

Sholatnya Para Ulama Salaf

Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah (wafat 241 H) pernah sholat sehari semalam sebanyak 300 rakaat.

د هللا بن محد بن حن ل قال: »كان يب يص ي يف كل يو ول ة

ثعمثائة ركعة. حلية األولياء وطبقات األصفياء )9 /181)

Abdullah bin Ahmad bin Hanbal berkata: "Ayahku (Ahmad bin Hanbal) pernah melakukan shalat dalam sehari semalam sebanyak 300 rakaat".
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Al Aswad bin Yazid, dia berkata; Abdullah berkata, Saya pernah mendengar Nabi kalian shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa menjadikan segala macam keinginannya hanya satu, yaitu keinginan tempat kembali (negeri Akhirat), niscaya Allah subhanahu wa ta'ala akan mencukupkan baginya keinginan dunianya. Dan barangsiapa yang keinginannya beraneka ragam pada urusan dunia, maka Allah subhanahu wa ta'ala tidak akan memperdulikan dimanapun ia binasa.

(HR. Ibnu Majah No. 4096)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More