8 Cara Menjaga Silaturahmi, Nomor Terakhir Dimudahkan Segala Urusannya

Kamis, 27 Januari 2022 - 16:29 WIB
Salah satu keutamaan menjaga silaturahmi maka Allah akan melapangkan rezekinya dan selalu disebut-sebut kebaikannya. Foto/Ist
Indahnya silaturahmi sehingga setiap muslim dilarang untuk memutuskannya. Perintah untuk berkasih sayang sesama manusia diabadikan dalam Al-Qur'an:

وَالَّذِيۡنَ يَصِلُوۡنَ مَاۤ اَمَرَ اللّٰهُ بِهٖۤ اَنۡ يُّوۡصَلَ وَيَخۡشَوۡنَ رَبَّهُمۡ وَ يَخَافُوۡنَ سُوۡۤءَ الۡحِسَابِؕ‏

"Dan orang-orang yang menghubungkan apa yang diperintahkan Allah agar dihubungkan, dan mereka takut kepada Tuhannya dan takut kepada hisab yang buruk." (QS. Ar-Ra'd Ayat 21)

Dari Abu Hurairah berkata, "Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam (SAW) bersabda: "Barang siapa senang dilapangkan rezekinya dan selalu disebut-sebut kebaikannya, maka hendaklah pelihara hubungan silaturrahim." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Keutamaan menjalin silaturahmi selain dapat meringankan hisab yang buruk di hari Kiamat, juga mendatangkan kasih sayang Allah. Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk saling mencintai dan mempererat tali persaudaraan.



Berikut 8 cara yang dapat kita amalkan:

1. Mengungkapkan Rasa Cinta

Rasulullah SAW bersabda: "Apabila seseorang mencintai saudaranya, hendaklah dia mengatakan Cinta kepadanya." (HR Abu Dawud dan Tirmidzi)

2. Saling Mendoakan

Umar bin Khotthob radhiyallahu 'anhu berkata: "Aku minta izin kepada Rasulullah SAW untuk melaksanakan umrah, lalu Rasulullah mengizinkanku." Beliau bersabda: "Jangan lupakan kami wahai saudaraku dalam doamu." (HR Abu Dawud & Tirmidzi)

"Tidak seorang hamba mukmin yang berdoa untuk saudaranya dari kejauhan malainkan Malaikat berkata, 'dan bagimu seperti itu'. (HR Muslim)

3. Senyum dan Menampakkan Wajah Gembira

"Janganlah kamu meremehkan kebaikan apapun, walaupun sekadar bertemu saudaramu dengan wajah ceria (gembira)." (HR Muslim)

4. Berjabat Tangan yang Hangat

"Tidak ada dua orang muslim berjumpa lalu berjabat tangan melainkan keduanya diampuni dosanya sebelum berpisah." (HR Abu Dawud)

5. Saling Mengunjungi

Rasulullah SAW bersabda: "Allah berfirman, 'Pasti akan mendapat cinta-Ku orang-orang yg mencintai karena Aku, keduanya saling berkunjung karena Aku, dan saling memberi karena Aku'. (Imam Malik dalam Al-Muwaththa')

6. Memberi Ucapan Selamat

"Barangsiapa bertemu saudaranya dengan membawa sesuatu yang dapat menggembirakannya, maka Allah akan menggembirakannya pada hari Kiamat." (HR Thabrani)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari 'Urwah bahwa Aisyah telah mengabarkan kepadanya bahwa dalam shalatnya, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sering berdoa: ALLAHUMMA INNI 'AUUDZUBIKA MIN 'ADZAABIL QABRI WA A'UUDZUBIKA MIN FITNATIL MASIIHID DAJJAL WA A'UUDZUBIKA MIN FITNATIL MAHYA WAL MAMAATI, ALLAHUMMA INNI A'UUDZUBIKA MINAL MA'TSMI WAL MAGHRAMI (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, aku berlindung dari fitnah Dajjal, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan dan kematian, ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan dosa dan lilitan hutang). Maka seseorang bertanya kepada beliau, Alangkah seringnya anda memohon perlindungan diri dari lilitan hutang. Beliau bersabda: Sesungguhnya apabila seseorang sudah sering berhutang, maka dia akan berbicara dan berbohong, dan apabila berjanji, maka dia akan mengingkari.

(HR. Sunan Abu Dawud No. 746)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More