Doa Paling Makbul Menurut Orang Tarim Hadhramaut

Senin, 07 Februari 2022 - 21:12 WIB
Tarim Hadhramaut, Yaman adalah satu kota paling banyak melahirkan ulama dan Dai ahli fiqih. Foto/Ist
Ulama kharismatik Kalimantan, Abah Guru Sekumpul (1942-2005) mengungkap doa paling makbul menurut orang Tarim Hadhramaut. Sebagaimana diketahui Tarim adalah Kota Seribu Wali yang ada di Yaman.

Dilansir dari kanal IG @berkatguru_sekumpul diceritakan, di Tarim Hadhramaut setiap orang yang datang menghadap Habib Salim atau Habaib Sepuh yang alim di Tarim untuk minta didoakan selalu mendapat pertanyaan yang sama: ⁣

"Apakah kamu masih memiliki permata (ibu) di rumahmu?" Jika jawabannya "masih" maka beliau dengan lembut mengatakan: ⁣"Tahukah kamu, bahwa doa ibu untukmu, lebih mulia dan makbul dari pada doa seorang wali besar sekalipun?"

Ketika Habib Umar Bin Hafizh dan ⁣abangnya Habib Ali Masyhur Bin Hafizh masih bayi dan sering menangis, ⁣ibunda mereka Hubabah Zahra, akan memeluk dan membelai anak-anaknya sambil mengusap kepala mereka.

Kepada Habib Ali Masyhur, beliau sering⁣ berbisik "Mufti, Mufti" dan sekarang Habib Ali Masyhur telah menjadi Mufti Yaman.⁣





Kepada Habib Umar sang ibu selalu berdoa⁣ "Da'i, Da'i" dan kini Habib Umar menjadi Da'i Islam terkenal di zaman ini.⁣



Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:⁣ "Orang tua adalah pintu surga yang paling tengah, maka jangan sia-siakan pintu itu atau jagalah ia." (HR at-Tirmidzi)

Ibu adalah pintu surga bagi anak-anaknya dan Ayah adalah jembatan menuju kepadanya. ⁣Air susu Ibu yang kita minum adalah saripati makanan hasil jerih payah, keringat ayah yang mencari nafkah untuk keluarga.⁣

Karena itu muliakanlah mereka. ⁣Apabila bepergian, ciumlah tangan ibu dan ayah. Ingatlah ketika kita masih kecil, kita selalu dipeluk dan diciumnya. Jika kita sudah bekerja dan berkeluarga atau tidak tinggal serumah, seringlah mengunjunginya.

⁣Bila tidak memungkinkan, ⁣teleponlah Ibu kita agar beliau senang dan ridha kepada kita. Setidaknya, memberikan hadiah berupa barang atau uang setiap bulannya (kalau sudah mampu). Dan yang utama doakan selalu mereka.⁣



⁣Semoga kita termasuk anak yang berbakti kepada orang tua dan mendapatkan ridhonya. Aamiin.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
cover top ayah
اِنَّهٗ يَعۡلَمُ الۡجَـهۡرَ مِنَ الۡقَوۡلِ وَيَعۡلَمُ مَا تَكۡتُمُوۡنَ
Sungguh, Dia (Allah) mengetahui perkataan (yang kamu ucapkan) dengan terang-terangan, dan mengetahui (pula) apa yang kamu rahasiakan.

(QS. Al-Anbiya Ayat 110)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More