Jibril Memiliki Kedudukan Mulia di Sisi Allah Ta'ala, Ini Kelebihannya

Minggu, 13 Februari 2022 - 20:18 WIB
Di antara para malaikat, Jibril memiliki kedudukan paling mulia di sisi Allah Taala. (Foto/Ilustrasi: Ist)
Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu dan risalah kenabian, sekaligus berhubungan secara personal dengan para nabi dan rasul. Malaikat Jibril dinamakan dua kali dalam Al-Quran yaitu pada surat Al-Baqarah ayat 97-98 dan At-Tahrim ayat 4. Jibril memiliki beberapa nama lain, seperti Ruh al-Amin dan Ruh al-Qudus (Roh Kudus), Ar-Ruh Al-Amin dan yang lain.



Prof Dr Umar Sulaiman al-Asyqar dalam bukunya berjudul "Rahasia Alam Malaikat, Jin, dan Setan" menjelaskan di antara para malaikat, maka Jibril memiliki kedudukan yang mulia di sisi Allah SWT. Secara fisik saja, malaikat Jibril memiliki kelebihan.

Para malaikat itu memiliki sayap-sayap sebagaimana diberitahukan oleh Allah SWT. Ada malaikat yang memiliki dua sayap, ada yang memiliki tiga sayap, ada yang memiliki empat sayap, dan ada yang memiliki lebih dari itu. Sementara itu, Jibril memiliki enam ratus sayap.

Allah SWT berfirman:



الْحَمْدُ لِلَّهِ فَاطِرِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ جَاعِلِ الْمَلَائِكَةِ رُسُلًا أُولِي أَجْنِحَةٍ مَثْنَىٰ وَثُلَاثَ وَرُبَاعَ ۚ يَزِيدُ فِي الْخَلْقِ مَا يَشَاءُ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ[aranClose]

Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga, dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.” ( QS Fathir : 1)

Menurut Syaikh Umar Sulaiman, Allah SWT menciptakan para malaikat dalam wujud-wujud yang indah. Tentang malaikat Jibril, Allah SWT berfirman:

عَلَّمَهٗ شَدِيۡدُ الۡقُوٰىۙ

ذُوۡ مِرَّةٍؕ فَاسۡتَوٰىۙ


Yang diajarkan kepadanya oleh (Jibril) yang sangat kuat. Yang mempunyai akal yang cerdas dan (Jibril itu) menampakkan diri dengan rupa yang asli." ( QS An-Najm : 5-6)

Ibnu Abbas mengatakan, “Dzu mirrah berarti: memiliki penampilan yang indah.” Sedangkan Qatadah mengatakan, “Artinya adalah memiliki wujud yang tinggi dan indah.” Ada pula yang mengatakan bahwa dzu mirrah berarti: “Memiliki kekuatan.”

Di sini, kata Umar Sulaiman, tidak ada pertentangan antara kedua pendapat di atas. "Jadi, malaikat Jibril itu kuat dan berpenampilan indah," katanya.



Menurut Syaikh Umar Sulaiman, semua orang sudah biasa menggambarkan malaikat sebagai wujud yang indah sebagaimana mereka yakin bahwa setan itu berpenampilan buruk. "Karena itu, kita bisa menyaksikan bagaimana manusia menyerupakan manusia yang tampan dengan malaikat," ujarnya.

Lihatlah apa yang dikatakan oleh para perempuan berkaitan dengan Yusuf yang baru saja mereka lihat:

“Maka tatkala wanita-wanita itu melihatnya, mereka kagum kepada (keelokan rupa)nya dan mereka melukai (jari) tangannya dan berkata: "Maha sempurna Allah, ini bukanlah manusia. Sesungguhnya, ini tidak lain hanyalah malaikat yang mulia'.” (QS Yusuf: 31)

Selanjutnya, Muslim dalam Shahih-nya dan at-Tirmidzi dalam Sunan-nya meriwayatkan dari Jabir, Rasulullah SAW bersabda,

“Aku diperlihatkan kepada para nabi. Adapun Nabi Musa bagaikan seorang laki-laki dari suku Syanu'ah. Aku melihat Isa bin Maryam, ternyata orang yang kulihat paling mirip dengannya adalah Urwah bin Mas'ud. Aku melihat Ibrahim dan orang yang aku lihat paling mirip dengannya adalah sahabat kalian (yaitu beliau sendiri). Aku melihat Jibril dan ternyata orang yang kulihat paling mirip dengannya adalah Dihyah.” (HR Muslim dan at-Tirmidzi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
cover top ayah
لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنۡۢ بَيۡنِ يَدَيۡهِ وَمِنۡ خَلۡفِهٖ يَحۡفَظُوۡنَهٗ مِنۡ اَمۡرِ اللّٰهِ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوۡمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوۡا مَا بِاَنۡفُسِهِمۡ‌ؕ وَاِذَاۤ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوۡمٍ سُوۡۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ‌ۚ وَمَا لَهُمۡ مِّنۡ دُوۡنِهٖ مِنۡ وَّالٍ
Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

(QS. Ar-Ra'd Ayat 11)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More