8 Tanda dan Ciri-ciri Orang yang Meraih Lailatul Qadar

Sabtu, 23 April 2022 - 23:16 WIB
Suasana ibadah Qiyam Ramadhan (sholat Tarawih) di Masjid Nabawi Madinah malam ini (23/4/2022). Foto/Madina Live dok Naimat
Lailatul Qadar merupakan karunia besar Allah untuk umat Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam (SAW). Ada 8 (delapan) tanda orang yang telah meraih Lailatul Qadar.

Umat muslim masih punya kesempatan mendapatkan Lailatul Qadar pada malam-malam 10 hari terakhir Ramadhan ini. Ibadah pada malam itu lebih baik dari 1000 bulan atau 83 tahun lebih.



Sebagaimana pesan Nabi, Lailatul Qadar dapat ditemui pada sepuluh hari terakhir Ramadhan ,yaitu pada malam ganjil (malam ke-21, 23, 25, 27, dan 29). Rasulullah SAW bersabda:

تحروا ليلة القدر في الوتر من العشر الأواخر من رمضان



Artinya: "Carilah malam Lailatul Qadar di malam ganjil dari sepuluh terakhir Ramadhan." (HR Al-Bukhari)

Para salafunas saleh (ulama terdahulu) mengatakan, sesungguhnya Allah apabila menerima amalan seorang hamba, maka Allah memberi kemampuan kepadanya untuk beramal saleh lagi setelahnya.

Ulama kharismatik Mekkah, Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki (wafat 2004) menyebutkan ada 8 tanda dan ciri-ciri orang mukmin yang telah memperoleh Lailatul Qadar :

1. Hatinya lembut

2. Mudah menangis

3. Menyesali dosa-dosa lalu

4. Merasa malu kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala

5. Rindu kepada Baginda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.

6. Senantiasa merasa tenang dan lapang dada

7. Bertambah rajin beribadah dan beramal saleh

8. Rindu berjumpa dengan Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Demikian tanda-tanda orang mukmin yang telah bertemu dengan Lailatul Qadar .Dalam satu riwayat dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW berpesan:

‎مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: "Barangsiapa melaksanakan sholat pada malam Lailatul Qadar karena didasari iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR. Al-Bukhari No 1901)

Allahu A'lam

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Hadits of The Day
Dari Zaid bin Khalid Al Juhaini bahwasanya dia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memimpin kami shalat Shubuh di Hudaibiyyah pada suatu malam sehabis turun hujan. Setelah selesai Beliau menghadapkan wajahnya kepada orang banyak lalu bersabda: Tahukah kalian apa yang sudah difirmankan oleh Rabb kalian? Orang-orang menjawab, Allah dan rasul-Nya lebih mengetahui. Beliau bersabda: Allah berfirman: Di pagi ini ada hamba-hamba Ku yang beriman kepada-Ku dan ada yang kafir, orang yang berkata bahwa Hujan turun kepada kita karena karunia Allah subhanahu wa ta'ala dan rahmat-Nya, maka dia adalah yang beriman kepada-Ku dan kafir kepada bintang-bintang. Adapun yang berkata bahwa Hujan turun disebabkan bintang ini atau itu, maka dia telah kafir kepada-Ku dan beriman kepada bintang-bintang.

(HR. Bukhari No. 801)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More