7 Rekomendasi Pondok Pesantren di DKI Jakarta

Kamis, 29 September 2022 - 23:31 WIB
Salah satu kegiatan malam kebudayaan pesantren di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Pusat di Kedoya Jakarta Barat. Foto/dok Asshiddiqiyah.com
Pondok Pesantren (ponpes) menjadi pilihan pendidikan yang cukup diminati masyarakat muslim Indonesia. Banyak orang tua menyekolahkan anaknya ke ponpes mengingat perkembangan dan kemajuan pesantren yang tidak kalah dari sekolah umum.

Pandangan tentang pesantren kuno mulai hilang di benak masyarakat menyusul banyaknya pondok pesantren modern yang eksis di Indonesia, terutama di DKI Jakarta. Para lulusan pesantren juga tidak kalah saing dengan lulusan sekolah umum. Banyak santri yang berbakat berkiprah di berbagai bidang.

DKI Jakarta termasuk salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki banyak pondok pesantren. Berikut 7 rekomendasi pondok pesantren di DKI Jakarta:

1. Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Jakarta Barat





Pondok Pesantren Asshiddiqiyah beralamat di Jalan Panjang Nomor 6 C, Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Ponpes ini didirikan pada Rabiul Awal 1406 H (Juli 1985) oleh DR KH Noer Muhammad Iskandar SQ.

Dalam usianya yang lebih dari seperempat abad, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah telah membuka 11 Pesantren yang tersebar di beberapa daerah yaitu: Kedoya-Jakarta, Batu Ceper Tangerang, Cimalaya-Karawang, Serpong-Tangerang, Cijeruk-Bogor, Musi Banyuasin-Sumsel, Way Kanan-Lampung, Gunung Sugih-Lampung, Cianjur-Jawa Barat.

Pesantren ini lebih berkiblat pada sistem salaf yang mengkaji kitab kuning dengan cara sorogan dan bandongan. Penekanan akhlak juga menjadi hal utama dalam pesantren ini.

Ponpes ini dikenal memiliki gagasan Trilogi pesantren yaitu: (1). Membentuk pribadi muslim yang berakhlak mulia, (2). Membangun kemampuan santri berbahasa Arab dan Inggris. (3). Penguasaan ilmu pengetahuan umum dan ilmu agama.

2. Pondok Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta Selatan



Pondok Pesantren Darunnajah merupakan bagian dari Yayasan Darunnajah Ulujami Jakarta Selatan. Ponpes Darunnajah Jakarta merupakan pesantren modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang Play Group, PAUD, TK, SD, Tsanawiyah, Aliyah, SMA hingga perguruan tinggi.

Saat ini Ponpes Darunnajah memiliki 17 Cabang dan 57 satuan Pendidikan yang tersebar di Sumatra, Tangerang, Bogor, Jakarta dan Serang Banten. Ponpes ini beralamat di Jalan Ulujami Raya No 86, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Pesantren Darunnajah memiliki kurikulum menyerupai Gontor. Ponpes ini berdiri pada tahun 1974. Adapun kegiatan santri antara lain: Sholat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfizh), percakapan bahasa Arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, pramuka, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti silat, jurnalistik, marching band, dan lainnya.

3. Pondok Pesantren Daarul-Rahman Jakarta Selatan



Selanjutnya ada Pondok Pesantren Daarul-Rahman yang terletak di Jalan Purwa Raya, Cipendok, Jagaskara, Jakarta Selatan. Pesantren ini didirikan oleh alumni Gontor pada Tahun 1975.

Ponpes Daarul-Rahman dalam pelaksanaan pendidikannya menggunakan sistem kurikulum terpadu antara sistem modern Gontor Ponorogo dengan sistem pondok pesantren salafiyah (tradisional), yang lebih mengutamakan bahasa Arab dan bahasa inggris serta penekanan pada pemahaman pengkajian kitab-kitab kuning.

Sehingga kurikulum Gontor diterapkan di pesantren ini dengan fokus ilmu agama 75%, dan ilmu umum 25%. Saat ini santrinya sudah mencapai ribuan orang.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Jabir bin Abdillah dia berkata, saya mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Dzikir yang paling utama adalah Laa ilaaha illallah (tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah). Dan doa yang paling utama adalah Alhamdulillah (segala puji bagi Allah).

(HR. Sunan Ibnu Majah No. 3790)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More