Doa Rasulullah SAW Ketika Mendapati Hal Menyenangkan

Jum'at, 25 November 2022 - 16:48 WIB
Kebiasaan Rasulullah jika mendapati hal-hal menyenangkan beliau mengucapkan Alhamdulillahilladzi binikmatihi tatimmus shaalihat. Foto/SINDOnews
Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu 'anha berkata dalam satu riwayat, apabila Rasulullah SAW mendapati hal yang menyenangkan maka beliau mengucap kalimat syukur. Kalimat ini merupakan dzikir yang biasa dilazimkan beliau.

ْ ﻛَﺎﻥَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ – ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ – ﺇِﺫَﺍ ﺭَﺃَﻯ ﻣَﺎ ﻳُﺤِﺐُّ ﻗَﺎﻝَ ‏« ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻟِﻠَّﻪِ ﺍﻟَّﺬِﻯ ﺑِﻨِﻌْﻤَﺘِﻪِ ﺗَﺘِﻢُّ ﺍﻟﺼَّﺎﻟِﺤَﺎﺕُ ‏» . ﻭَﺇِﺫَﺍ ﺭَﺃَﻯ ﻣَﺎ ﻳَﻜْﺮَﻩُ ﻗَﺎﻝَ ‏« ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻟِﻠَّﻪِ ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ ﺣَﺎﻝٍ ‏

Artinya: "Kebiasaan Rasulullah jika menyaksikan hal-hal yang beliau sukai adalah mengucapkan 'Alhamdulillah alladzi bini'matihi tatimmus shaalihat. Sedangkan jika beliau menyaksikan hal-hal yang tidak menyenangkan beliau mengucapkan 'Alhamdulillahi 'ala kulli haal." (HR Ibnu Majah 3803)

Berikut redaksi doanya:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ




Alhamdulillahilladzi bini'matihi tatimmush shoolihaat.

Artinya: "Segala puji bagi Allah Yang dengan nikmat-Nya, maka perkara-perkara yang baik (amala saleh) menjadi sempurna." (HR Ibnu Majah, Abu Dawud)

Dari Ibnu Abbas mengatakan bahwa Khalifah Umar bin Khattab pernah bertanya kepada Ali bin Abi Thalib: "Kami telah mengetahui makna Subhanallah dan La ilaha illallah, lalu apakah makna Alhamdulillah?"

Sayyidina Ali menjawab: "Ia merupakan suatu kalimat yang diridai oleh Allah untuk diri-Nya."

Alhamdulillah merupakan kalimat syukur. Apabila seorang hamba mengucapkan "Segala puji bagi Allah" maka Allah Ta'ala berkata: "Hamba-Ku telah bersyukur kepada-Ku."

Demikian doa dan dzikir yang dapat kita lazimkan ketika mendapat hal yang disukai. Semoga kita senantiasi dilingkupi keberkahan.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Jika seseorang lupa lalu dia makan dan minum ketika sedang berpuasa, maka hendaklah dia meneruskan puasanya, karena hal itu berarti Allah telah memberinya makan dan minum.

(HR. Bukhari No. 1797)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More