Kisah Khusyuknya Ulama Saat Sholat, Ada yang Disengat Lebah Hingga Diganggu Ular

Jum'at, 09 Desember 2022 - 22:02 WIB
Orang-orang yang melihat kejadian itu bertanya kepadanya: "Mengapa engkau tidak mengibaskan atau mengusir ular itu darimu?" Ia hanya menjawab: "Aku malu kepada Allah, jika aku sampai takut kepada selain Dia".

7. Sahabat Abd bin Bisyr Sholat Dihujam Anak Panah

Rasulullah ﷺ pernah memerintahkan Abd bin Bisyr untuk berjaga di sebuah lembah bersama dua sahabat lainnya. Saat tiba giliran jaganya, ia mengerjakan sholat. Dan kala itu ada musuh yang mengendap-endap lalu menembakinya dengan beberapa anak panah.

Saat anak panah pertama mengenai tubuhnya, ia mencabut lalu membuangnya dan tetap melanjutkan sholat. Begitu juga dengan panah kedua dan ketiga. Sampai setelah beberapa anak panah mengenainya. Ia pun mempercepat sholatnya dan segera membangunkan dua sahabat lainnya.

Tentu saja mereka terkejut melihat Bisyr telah berlumuran darah. Mereka mempertanyakan mengapa tidak membangunkan mereka lebih awal. Ia hanya menjawab: "Aku sedang membaca surah Al-Kahfi dalam sholatku dan telah memendekkannya. Demi Allah, andai saja aku tidak mengkhawatirkan lembah ini untuk dijaga sebagaimana telah diperintahkan Rasulullah, aku tidak akan menyelesaikan sholatku sebelum membaca Surat Al-Kahfi seluruhnya."

"Sekarang mari kita bandingkan dengan sholat kita hari ini," kata Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq.

Semoga kisah di atas menjadi pelajaran berharga bagi kita agar tidak lalai dalam sholat. Aamin.

Referensi:

1. Shifat Ash Shafwah (3/39-113)

2. Siyar (12/442)

(rhs)
Halaman :
Follow
cover top ayah
اِنَّمَا يُرِيۡدُ الشَّيۡطٰنُ اَنۡ يُّوۡقِعَ بَيۡنَكُمُ الۡعَدَاوَةَ وَالۡبَغۡضَآءَ فِى الۡخَمۡرِ وَالۡمَيۡسِرِ وَيَصُدَّكُمۡ عَنۡ ذِكۡرِ اللّٰهِ وَعَنِ الصَّلٰوةِ‌ ۚ فَهَلۡ اَنۡـتُمۡ مُّنۡتَهُوۡنَ
Dengan minuman keras dan judi itu, setan hanyalah bermaksud menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu, dan menghalang-halangi kamu dari mengingat Allah dan melaksanakan shalat, maka tidakkah kamu mau berhenti?

(QS. Al-Maidah Ayat 91)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More