alexametrics

Menghadiahkan Surah Al-Fatihah kepada Orang Saleh - Habib Geys Assegaf

Ada jamaah bertanya kepada Al-Habib Geys bin Abdurrahman Assegaf (Dai Lulusan Al-Azhar Mesir), bagaimana yang dimaksud dengan menghadiahkan Surah Al-Fatihah kepada Auliya atau orang-orang Saleh?

Al-Habib Geys mengatakan, sebenarnya masalah ini sudah pernah dibahas para ulama terdahulu. Umat Islam harus bijak melihat dimana letak khilafnya. Mayoritas ulama 4 Mazhab memang terjadi khilaf apakah pahalanya sampai atau tidak.

Perlu diingat, para ulama mengkaji sampai atau tidaknya pahala, bukan boleh tidaknya mengirim Al-Fatihah. Di dalam syariat, membaca Al-Fatihah itu adalah amalan yang baik sebagaimana seseorang bersedekah kepada orang lain. Menghadiahkan Al-Fatihah bukanlah hal yang tercela. Ini adalah amalan yang dapat menggembirakan atau menyenangkan saudara muslim yang lain.

Dalam hadis disebutkan, jika ada seseorang di antara kalian meninggal dunia, Rasulullah SAW memerintahkan agar dipercepat untuk dimakamkan. Beliau juga memerintahkan agar dibacakan Al-Fatihah dan ayat terkahir Surah Al-Baqarah.

Kalau misalkan ada perbedaan pendapat di kalangan ulama kita harus legowo. Jangan sampai kita mencela yang lain dengan menyebut ahli dosa atau bid'ah. Hendaknya kita berhati-hati dalam memvonis. Semoga Ramadhan ini berkah untuk kita semua.

Wallahu A'lam Bish Showab

(wmc)
cover top ayah
تَعۡرُجُ الۡمَلٰٓٮِٕكَةُ وَ الرُّوۡحُ اِلَيۡهِ فِىۡ يَوۡمٍ كَانَ مِقۡدَارُهٗ خَمۡسِيۡنَ اَلۡفَ سَنَةٍ‌ۚ‏
Para malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan, dalam sehari setara dengan lima puluh ribu tahun.

(QS. Al-Ma'arij:4)
cover bottom ayah
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak