Warga GTP Depok Gelar Khataman Alquran di Tengah Suasana Pedesaan Leuwiliang Bogor

Senin, 20 Februari 2023 - 20:43 WIB
loading...
Warga GTP Depok Gelar Khataman Alquran di Tengah Suasana Pedesaan Leuwiliang Bogor
Warga Perumahan Griya Telaga Permai (GTP) Depok yang tergabung dalam majelis Ngaji Yuk menggelar khataman Alquran di alam pedesaan pada akhir pekan di Kampung Cengal, Karacak, Leuwiliang, Bogor. Foto: Ist
A A A
DEPOK - Umat Islam menggelar beragam kegiatan atau acara demi menyambut bulan Ramadhan tahun 2023. Salah satunya warga Perumahan Griya Telaga Permai (GTP) Depok yang tergabung dalam majelis Ngaji Yuk menggelar program unik khataman Alquran di alam pedesaan pada akhir pekan.

“Jika selama ini kami melakukan kegiatan kumpul ngaji rutin di masjid, musala atau rumah di Perumahan Griya Telaga Permai di mana kami tinggal. Menyambut Ramadhan tahun ini kami menggelar rihlah dan khataman Alquran di suasana pedesaan Kampung Cengal, Karacak, Leuwiliang, Bogor,” kata Gunawan Wibisono, koordinator jamaah Ngaji Yuk, Senin (20/2/2023).

Kegiatan ini memberikan suasana berbeda sekaligus kegembiraan bagi jamaah Ngaji Yuk dalam menyambut bulan suci Ramadhan. “Kebetulan ada jamaah Ngaji Yuk yang memiliki rumah di Kampung Cengal yang suasana alamnya masih hijau dan dikelilingi suasana pedesaan yang asri,” ungkapnya.
Baca juga: Abu Nawas Jalankan Perintah Baginda Mengajar Lembu Mengaji

Kegiatan rihlah (perjalanan dalam menuntut ilmu) dan khataman Alquran ini beragam acara digelar mulai dari membaca Alquran 30 juz secara berjamaah, ceramah keagamaan, diskusi, jalan kaki keliling kampung, dan makan bersama. Sebanyak 30 peserta dibagi-bagi dalam membaca Alquran di mana satu peserta membaca 1 juz hingga secara keseluruhan.

Selain itu, peserta mendengarkan ceramah Ustaz Farid Nu’man untuk meningkatkan pengetahuan agama jamaah khususnya dalam fiqih ibadah dan muamalah.

Dalam ceramahnya, Ustaz Farid Nu’man menyampaikan cirri-ciri waliyullah yang bisa dijadikan teladan bagi umat Islam. Selain ketakwaannya, para wali Allah ini dikenal dengan perilakunya yang tidak takut dan tidak bersedih hati karena mereka senantiasa menjalankan perintah Allah dan meninggalkan larangannya.

Kelompok pengajian Ngaji Yuk merupakan kelompok ngaji di Griya Telaga Permai yang menekankan pada upaya saling memotivasi dan membantu dalam belajar, memperbaiki dan memperlancar bacaan Alquran secara berjamaah. Kegiatan ngaji jamaah Ngaji Yuk telah berjalan lebih dari lima tahun dan diikuti lebih dari 50 warga perumahan.

Jamaah Ngaji Yuk berkumpul tiap malam Jumat untuk membaca Alquran dan berdiskusi dalam upaya meningkatkan kecintaan jamaah dan warga terhadap Alquran dengan membaca, memahami, dan mengamalkannya.

Arif Mujahidin, praktisi humas nasional yang ikut bergabung sebagai jamaah Ngaji Yuk mengatakan dalam waktu-waktu tertentu, jamaah pengajian melakukan kegiatan di luar perumahan untuk menambah wawasan.

Pada Juni 2022, jamaah Ngaji Yuk mengunjungi Masjid Jogokariyan dan Masjid Kauman Yogyakarta untuk melihat bagaimana warga setempat mengelola masjidnya. Selain itu, jamaah juga melakukan kegiatan sosial seperti menyumbangkan Alquran dan masjid di tempat yang membutuhkan.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3292 seconds (0.1#10.140)