Surat Yusuf Ayat 91: Saudara-saudara Nabi Yusuf Akhirnya Akui Kesalahan Mereka

Kamis, 23 Februari 2023 - 21:37 WIB
loading...
Surat Yusuf Ayat 91: Saudara-saudara Nabi Yusuf Akhirnya Akui Kesalahan Mereka
Ilustrasi saudara-saudara Nabi Yusuf mengakui kesalahan mereka di hadapan Nabi Yusuf yang saat itu menjabat Al-Aziz (perdana penteri) di Mesir. Foto/tangkapan layar film Nabi Yusuf
A A A
Ustaz Mukhlis Mukti Al-Mughni
Dai Lulusan Al-Azhar Mesir,
Yayasan Pustaka Afaf

Setelah Nabi Yusuf memberi tahu siapa dirinya sebenarnya, saudara-saudaranya pun meyakini bahwa Al-Aziz itu adalah Yusuf. Mereka pun mengakui kemuliaan yang diberikan Allah kepada Nabi Yusuf tentang kelebihan ilmunya, dan akhlak yang dimilikinya.

Saudara-saudaranya juga mengakui kesalahan yang pernah mereka perbuat kepada Nabi Yusuf dan Bunyamin. Berikut kisahnya diabadikan dalam lanjutan Surat Yusuf :

قَالُوْا تَاللّٰهِ لَقَدْ اٰثَرَكَ اللّٰهُ عَلَيْنَا وَاِنْ كُنَّا لَخٰطِـِٕيْنَ

Artinya: "Mereka berkata: "Demi Allah, sesungguhnya Allah telah melebihkan kamu atas kami, dan sesungguhnya kami adalah orang-orang yang bersalah (berdosa)." (QS Yusuf ayat 91)

Pesan dan Hikmah
1. Di hadapan kebesaran Nabi Yusuf, para saudaranya menyesali segala kejahatan yang dulu pernah dilakukannya kepada Yusuf sambil mengakui keutamaan Yusuf di atas mereka. Di antara keutamaan itu adalah iman, ilmu, kesabaran, kedermawanan, kebijaksanaan dan kekuasaan.

2. Taubat harus dimulai dengan penyesalan, mengakui kerendahan dan kelemahan diri dihadapan kekuatan dan kekuasaan yang hakiki milik Allah.

3. Jika dosa menyangkut kezaliman terhadap orang lain maka harus minta ridha dan kehalalan orang tersebut. Kezaliman seorang hamba yang tidak dimintakan maafnya bahayanya akan membuat kerugian dan kebangkrutan di hari akhir nanti. (Hadits orang yang bangkrut)

(Bersambung)!

Surat Yusuf Ayat 91: Saudara-saudara Nabi Yusuf Akhirnya Akui Kesalahan Mereka
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1266 seconds (0.1#10.140)