Gambaran Kenikmatan Surga, Balasan Bagi Orang yang Beramal Saleh

Kamis, 16 Maret 2023 - 23:14 WIB
loading...
Gambaran Kenikmatan Surga, Balasan Bagi Orang yang Beramal Saleh
Sejatinya keindahan Surga tak pernah dilihat oleh siapa pun. Akan tetapi, Allah mengabarkan sekilas gambarannya melalui ayat-ayat Al-Quran dan Hadis Nabi. Foto/dok schmu
A A A
Al-Qur'an mengabarkan bahwa sebaik-baik balasan bagi orang yang beramal saleh ialah Surga dengan segala kenikmatannya. Allah menanjikan surga ini bagi kaum yang beriman dan beramal ketika di dunia.

Seperti apakah gambaran kenikmatan surga ? Sejatinya keindahan surga tidak dapat dibayangkan oleh siapa pun. Keindahannya tak pernah dilihat oleh mata. Namun, Allah mengabarkan sekilas gambarannya melalui ayat-ayat Al-Qur'an dan Hadis Nabi.

Di dalam Al-Qur'an, Allah menceritakan kisah penduduk surga ketika memasuki surga yang telah dijanjikan kepada mereka. Inilah ucapan mereka ketika melihat keindahan surga dan kenikmatannya.

وَقَالُوا الۡحَمۡدُ لِلّٰهِ الَّذِىۡ صَدَقَنَا وَعۡدَهٗ وَاَوۡرَثَنَا الۡاَرۡضَ نَتَبَوَّاُ مِنَ الۡجَـنَّةِ حَيۡثُ نَشَآءُ ‌ۚ فَنِعۡمَ اَجۡرُ الۡعٰمِلِيۡنَ


Artinya: "Dan mereka berkata, "Segala puji bagi Allah yang telah memenuhi janji-Nya kepada kami dan telah memberikan tempat ini kepada kami sedang kami (diperkenankan) menempati surga di mana saja yang kami kehendaki." Maka (surga itulah) sebaik-baik balasan bagi orang-orang yang beramal." (QS. Az-Zumar ayat 74)

Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan (akan mendapat) surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya, dan (mendapat) tempat yang baik di Surga 'Adn. Dan keridaan Allah lebih besar. Itulah kemenangan yang agung. (QS at-Taubah: 72)

Mengutip Tafsir Kemenag, ahli surga melanjutkan ucapan puji syukurnya: "Segala puji bagi Allah yang telah mewariskan kepada kami tanda surga ini sehingga kami boleh menempatinya, di mana saja kami senangi dan nikmati berbagai macam karunia yang disediakan-Nya di dalamnya."

Gambaran Kenikmatan Surga
Di antara kenikmatan surga itu dijelaskan dalam firman Allah berikut:

"Dan naungan (pepohonan)nya dekat di atas mereka dan dimudahkan semudah-mudahnya untuk memetik buahnya. Dan kepada mereka diedarkan bejana-bejana dari perak dan piala-piala yang bening laksana kristal." (QS Al-Insan: 14-15)

"Dan di sana mereka diberi segelas minuman bercampur jahe. (Yang didatangkan dari) sebuah mata air (di surga) yang dinamakan Salsabil." (QS Al-Insan: 17-18)

"Dan mereka dikelilingi oleh para pemuda yang tetap muda. Apabila kamu melihatnya, akan kamu kira mereka, mutiara yang bertaburan. Dan apabila engkau melihat (keadaan) di sana (surga), niscaya engkau akan melihat berbagai macam kenikmatan dan kerajaan yang besar." (QS Al-Insan: 19-20)

Selain itu, di dalam surga terdapat sebuah pohon yang andaikan seorang pengendara berjalan melewati tempat bayang-bayang teduhan pohon itu selama 100 tahun, niscaya ia tidak akan selesai melewatinya.

Allah berfirman dalam Surat Al-Waqiah yang artinya: "Dan naungan yang terbentang luas dan air yang tercurah, dan buah-buahan yang banyak, yang tidak berhenti (berbuah) dan tidak terlarang mengambilnya. Dan kasur-kasur yang tebal lagi empuk. Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung. dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan. penuh cinta lagi sebaya umurnya." (Al-Waqi'ah Ayat 30-37)

Seorang laki-laki pernah bertanya, "Ya Rasulullah, sesungguhnya tidur merupakan nikmat Allah di dunia ini, apakah nanti di surga kita bisa tidur? Rasulullah SAW menjawab: "Tidak, karena tidur kawannya maut, sedang di surga tidak ada maut." Ia bertanya lagi, "Bagaimana istirahat ahli (penghuni) surga?" Rasulullah SAW bersabda: "Tidak ada capek di surga, semuanya serba senang dan enak." (HR Al-Baihaqi

Allah juga menerangkan kepada Nabi Muhammad SAW bagaimana suasana di Akhirat dengan pemandangan indah dan menakjubkan di mana para Malaikat mengelilingi 'Arasy bertasbih memuji Allah, siap melaksanakan perintah yang diturunkan kepada mereka. Lantunan tasbih mereka terdengar di sekeliling 'Arasy. Di antara mereka itu ada yang bertugas memikul 'Arasy.

Itulah sekilas gambaran Surga yang dijanjikan kepada orang beriman yang beramal saleh ketika di dunia. Semoga bermafaat.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1278 seconds (0.1#10.140)