Tipsnya agar Salat Tarawih Terasa Mudah Diamalkan

Senin, 20 Maret 2023 - 09:40 WIB
loading...
Tipsnya agar Salat Tarawih Terasa Mudah Diamalkan
Salat tarawih akan segera kita amalkan di malam malam bulan Ramadan, agar terasa ringan dan mudah melaksanakannya ada beberapa tips yang bisa dicoba. Foto ilustrasi/ist
A A A
Bagi umat muslim, dalam waktu beberapa hari ke depan akan segera melaksanakan salat tarawih di malam pertama bulan Ramadan. Salat sunnah ini, sangat dianjurkan diamalkan pada bulan Ramadan karena banyak pahala. Nah, agar salat tarawih ini terasa mudah ada beberapa tips yang bisa kita lakukan.

Dikutip dari tulisan Ustadz Yulian Purnama, berikut tips agar salat tarawih terasa mudah dan mendapat banjir pahala, yakni:

1. Niat salat tarawih itu cukup di hati

Niat itu sangat mudah, tidak ada lafal niat khusus yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam ataupun para sahabat.

2. Salat tarawih tidak memiliki batasan rakaat tertentu

Mayoritas shalat tarawih dan shalat malam Nabi adalah 11 rakaat (8 rakaat + 3 witir), namun boleh lebih dari itu. Dan boleh juga kurang dari 11 rakaat, karena tidak ada batasan tertentu.

3. Salat tarawih itu lebih utama dikerjakan secara berjama'ah, namun boleh juga dikerjakan sendirian. Boleh menambah shalat malam sendirian setelah tarawih dan witir berjamaah.

4. Salat tarawih boleh dikerjakan setelah isya langsung, boleh ada jeda dulu, dan boleh diakhirkan hingga tengah malam atau akhir malam.

5. Salat tarawih lebih utama dikerjakan dua rakaat salam. Namun boleh juga dikerjakan empat rakaat satu salam.
6. Salat witir lebih utama dikerjakan dua rakaat salam, lalu satu rakaat. Namun boleh juga dikerjakan tiga rakaat satu salam.
7. Dianjurkan membaca surat yang panjang ketika tarawih, namun tidak harus.
8. Bagi yang hafalannya sedikit, boleh membaca surat yang sama diulang pada rakaat yang berbeda.
9. Yang tidak punya hafalan sama sekali kecuali Al Fatihah, maka boleh membaca dari mushaf.
10. Anak laki-laki yang sudah mumayyiz boleh menjadi imam dari orang tuanya
11. Tidak ada bacaan khusus di antara shalat tarawih ataupun setelahnya, yang dibaca bersama-sama, ini adalah perkara yang diada-adakan.

12. Tidak ada bacaan khusus setelah salat witir yang dibaca bersama-sama.
Terdapat doa setelah witir yang shahih dari Nabi, namun hukum membacanya sunnah (tidak wajib), dan dibaca sendiri-sendiri.

13. Ceramah tarawih bukan bagian dari salat tarawih, dan memang tidak ada perintah ataupun anjurannya. Jadi tidak mengapa jika tidak ada.

14. Tidak perlu membaca niat puasa bersama-sama setelah shalat witir, karena ini tidak pernah diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam ataupun para sahabat. Dan niat itu sangat mudah, cukup di hati tidak perlu dilafalkan.

15. Urutan pelaksanaan salat tarawih jika 11 rakaat :

• Setelah salat isya, disunnahkan shalat ba'diyah isya 2 rakaat.
• Mulai salat tarawih 2 rakaat, tanpa diawali iqamat atau bacaan apapun. Imam cukup ingatkan makmum untuk luruskan dan rapatkan shaf.
• Salat tarawih 2 rakaat, tanpa diawali bacaan apapun. Imam cukup ingatkan makmum untuk luruskan dan rapatkan shaf.
• Istirahat sejenak
• Salat tarawih 2 rakaat, tanpa diawali bacaan apapun. Imam cukup ingatkan makmum untuk luruskan dan rapatkan shaf.
• Salat tarawih 2 rakaat, tanpa diawali bacaan apapun. Imam cukup ingatkan makmum untuk luruskan dan rapatkan shaf.
• Istirahat sejenak
• Salat witir 2 rakaat
• Salat witir 1 rakaat
• Membaca doa setelah witir

Jangan lupa juga untuk ikhlaskan niat dalam melaksanakan ibadah tarawih dan banyak meminta hidayah kepada Allah agar bisa beribadah dengan baik dan diterima ibadahnya.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0936 seconds (0.1#10.140)