5 Perkara yang Menghanguskan Pahala Puasa, Nomor Terakhir Bersumpah Palsu

Sabtu, 25 Maret 2023 - 14:10 WIB
loading...
5 Perkara yang Menghanguskan Pahala Puasa, Nomor Terakhir Bersumpah Palsu
Setiap muslim perlu mengetahui perkara yang bisa menghanguskan pahala puasa Ramadan, hal ini penting agar ibadah puasa yang tengah dijalani tidak sia-sia. Foto ilustrasi/ist
A A A
Ternyata ada perkara-perkara yang bisa menghanguskan pahala puasa . Perkara tersebut perlu diketahui setiap muslim yang tengah menjalankan ibadah puasa Ramadan saat ini. Hal ini penting, karena jika dilakukan maka ibadah puasanya akan sia-sia dan hanya akan mendapatkan haus serta lapar semata.

Sebagaimana disabdakan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam:

“Betapa banyak orang-orang yang berpuasa tidak mendapatkan balasan kecuali lapar dan haus” (H.R. Ath-Thabrani).



Lantas, hal apa saja yang dapat menghilangkan pahala puasa ini? Diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu'anha, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Ada lima perbuatan yang menghapus pahala puasa, yaitu berbohong, menggunjing, mengadu domba, bersumpah palsu, dan memandang dengan syahwat”. (HR Bukhari).

Begini penjelasan :

1. Berdusta atau berbohong

Dusta atau bohong adalah perbuatan yang menyampaikan informasi yang tidak berdasarkan fakta sesungguhnya. Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menekankan,

“Siapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta (tetapi justru) mengamalkannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan (saat puasa)” (HR. Bukhari).

2. Ghibah

Berghibah atau menggunjing, atau perbuatan yang membicarakan keburukan orang lain. Nabi Muhammad menegaskan, gibah ini adalah “kau ceritakan hal tentang saudaramu, yang jika ia mendengar, maka ia tidak rela”. Terkait hal ini ada sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bahwa,

“Bau mulut orang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada aroma minyak misik.” (HR. Bukhari).

Hadis ini dapat dimaknai lebih jauh, agar seseorang yang berpuasa hendakya mengontrol diri, atau lebih banyak diam.

3. Mengadu domba

Adu domba adalah menciptakan perselisihan atau pertikaian dua pihak yang awalnya sepaham atau rukun. Mengadu domba ini adalah kelanjutan gibah dan fitnah di atas. Tindakan ini dalam tataran iseng atau sekadar kebiasaan saja sudah mengurangi pahala, apalagi jika tujuannya mencari keuntungan atau memanfaatkan situasi.

4. Memandang dengan syahwat

Salah satu manfaat puasa adalah digunakan untuk mengontol hawa nafsu. Oleh karenanya, akan disayangkan jika seseorang dalam situasi berpuasa, terus-menerus memandang sesuatu yang bisa membangkitkan hasrat.

5. Sumpah palsu

bersumpah palsu ini meliputi ucapan atau keterangan saksi yang isinya tidak benar atau tidak sesuai fakta. Sumpah palsu ini berbahaya karena menguntungkan sebuah pihak dan merugikan pihak lain. Selain itu sumpah palsu akan berujung pada menangnya kedzaliman dan tertutupnya kebenaran.


Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1053 seconds (0.1#10.140)