Pahala Memberi Makan Orang Berpuasa di Bulan Ramadan

Rabu, 29 Maret 2023 - 00:51 WIB
loading...
Pahala Memberi Makan Orang Berpuasa di Bulan Ramadan
Ada banyak pahala bagi siapa saja yang memberikan makanan untuk berbuka pada orang yang sedang berpuasa Ramadan. Foto ilustrasi/dok darulquran
A A A
Bulan Ramadan memang menjadi kesempatan bagi setiap muslim untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Termasuk salah satunya memberi makan orang yang sedang berpuasa.

Selain memberikan kebahagiaan kepada orang lain, memberi makan orang puasa ternyata memiliki banyak keutamaan. Berikut adalah pahala memberi makan orang berpuasa di bulan Ramadan:

1. Mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa

Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).

2. Jalan menuju surga

Dari ‘Ali radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sesungguhnya di surga terdapat kamar-kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya.” Lantas seorang arab baduwi berdiri sambil berkata, “Bagi siapakah kamar-kamar itu diperuntukkan wahai Rasulullah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Untuk orang yang berkata benar, yang memberi makan, dan yang senantiasa berpuasa dan shalat pada malam hari di waktu manusia pada tidur.” (HR. Tirmidzi).

3. Melaksanakan salat, puasa dan sedekah Mengantarkan ridha Allah

Ibnu Rajab Al-Hambali rahimahullah mengatakan, “Puasa, shalat dan sedekah mengantarkan orang yang mengamalkannya pada Allah. Sebagian salaf sampai berkata, ‘Shalat mengantarkan seseorang pada separuh jalan. Puasa mengantarkannya pada pintu raja. Sedekah nantinya akan mengambilnya dan mengantarnya pada raja.’“ (Lathaif Al-Ma’arif, halaman 298).

4. Mendapat makan dan minum di surga

Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, dari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Muslim mana saja yang memberi pakaian orang Islam lain yang tidak memiliki pakaian, niscaya Allah akan memberinya pakaian dari hijaunya surga. Muslim mana saja yang memberi makan orang Islam yang kelaparan, niscaya Allah akan memberinya makanan dari buah-buahan di surga. Lalu muslim mana saja yang memberi minum orang yang kehausan, niscaya Allah akan memberinya minuman Ar-Rahiq Al-Makhtum (khamr yang dilak).” (HR. Abu Daud).

5. Menyelamatkan dari panasnya hari Kiamat

Dari ‘Uqbah bin ‘Amir radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Setiap orang akan berada di naungan amalan sedekahnya hingga ia mendapatkan keputusan di tengah-tengah manusia.” (HR. Ahmad).

6. Membuat harta menjadi berkah

“Sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim).

Maksud dari hadis di atas adalah harta orang yang bersedekah akan Allah berkahi dan dihilangkan dari dampak bahaya. Serta meski secara lahir harta tersebut berkurang, namun akan ditutup dengan pahala di sisi Allah.

7. Sedekah meredam murka Allah

“Sedekah itu dapat memadamkan murka Allah dan mencegah dari keadaan mati yang jelek.” (HR. Tirmidzi).

8. Sedekah menghapus dosa
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2095 seconds (0.1#10.140)