Surat Yusuf Ayat 94: Mukjizat Nabi Yakub Dapat Merasakan Aroma Nabi Yusuf dari Jauh

Rabu, 29 Maret 2023 - 23:42 WIB
loading...
Surat Yusuf Ayat 94: Mukjizat Nabi Yakub Dapat Merasakan Aroma Nabi Yusuf dari Jauh
Penciuman Nabi Yakub begitu tajam dapat merasakan aroma bau tubuh Yusuf dari jauh. Ini termasuk salah satu mukjizat beliau. Foto/tangkapan layar film Nabi Yusuf
A A A
Ustaz Mukhlis Mukti Al-Mughni
Dai Lulusan Al-Azhar Mesir,
Yayasan Pustaka Afaf

Peristiwa luar biasa diceritakan dalam lanjutan tadabbur Surat Yusuf ayat 94. Apa yang dialami Nabi Yakub merasakan aroma bau gamis Nabi Yusuf dari jauh termasuk salah satu mukjizat beliau.

Ketika saudara-saudara Nabi Yusuf 'alaihissalam pulang menuju Kanaan Palestina, kampung Nabi Yakub dengan membawa baju gamis Nabi Yusuf, ayah mereka Nabi Yakub berkata "Sesungguhnya Aku mencium bau Yusuf". Padahal ketika itu rombongan saudara Nabi Yusuf baru keluar dari perbatasan Mesir.

Berikut kisahnya diabadikan Allah dalam Surat Yusuf :

وَلَمَّا فَصَلَتِ الۡعِيۡرُ قَالَ اَبُوۡهُمۡ اِنِّىۡ لَاَجِدُ رِيۡحَ يُوۡسُفَ‌ لَوۡلَاۤ اَنۡ تُفَـنِّدُوۡنِ‏


Artinya: "Dan ketika kafilah itu telah keluar (dari negeri Mesir), ayah mereka berkata, "Sesungguhnya Aku mencium bau Yusuf, sekiranya kamu tidak menuduhku lemah akal (tentu kamu membenarkan aku)." (QS Yusuf ayat 94)

Pesan dan Hikmah
1. Tatkala saudara-saudara Nabi Yusuf hampir mendekati tempat tinggal ayahnya. Ternyata penciuman batin Nabi Yakub merasakan aroma bau Yusuf. Sambil berkata, "Sesungguhnya aku mencium bau Yusuf." Betapa kuatnya ikatan batin Nabi Yakub dengan Yusuf. Hanya sekadar gamisnya yang dibawa, Nabi Yakub sudah merasakannya.

2. Usianya yang tua dan matanya yang memutih tidak sama sekali menghilangkan indra lainnya untuk bisa mengetahui keberadaan Yusuf. Penciumannya begitu tajam dan dapat mencium aroma bau tubuh Yusuf. Nabi Yakub tidak pikun apalagi deperesi dan stres karena kehilangan dua anaknya, seperti yang dituduhkan oleh anak-anaknya.

Begitulah Allah memuliakan para kekasih-Nya. Tidak ada yang mustahil jika Dia sudah berkehendak.

(Bersambung)!

Surat Yusuf Ayat 94: Mukjizat Nabi Yakub Dapat Merasakan Aroma Nabi Yusuf dari Jauh
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2024 seconds (0.1#10.140)