5 Keutamaan Memberi Makan Orang Berbuka Puasa

Sabtu, 01 April 2023 - 04:00 WIB
loading...
5 Keutamaan Memberi Makan Orang Berbuka Puasa
Memberi hidangan berbuka kepada orang yang puasa merupakan amalan bertabur pahala dan keutamaan. Foto Iftar di Masjid Nabawi Madinah/Ist
A A A
Keutamaan memberi makan orang berbuka puasa bertabur pahala melimpah. Tak hanya mendapat ganjaran pahala orang yang berpuasa, tetapi juga menjadi sebab diampuninya dosa-dosa.

Dalam kajian Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq dijelaskan, setidaknya ada lima keutamaan memberi makan berbuka puasa sebagaimana disebutkan dalam Hadis Nabi. Memberi hidangan berbuka tidak harus makanan mahal atau mewah. Cukup memberikan kurma atau sebungkus nasi akan diganjar pahala berlimpah.

Berikut lima keutamaan memberi makan orang berbuka puasa:

1. Mendapatkan Pahala Ibadah Orang yang Berpuasa
Dari Zaid bin Kholid Al-Juhani radhiyallahu 'anhu, Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

Artinya: "Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga." (HR at-Tirmidzi)

2. Didoakan Para Malaikat
Rasulullah sholallahu 'alaihi wasallam berkata kepada seorang sahabat yang memberi makanan berbuka puasa:

ﺃﻓﻄﺮ ﻋﻨﺪﻛﻢ اﻟﺼﺎﺋﻤﻮﻥ، ﻭﺃﻛﻞ ﻃﻌﺎﻣﻜﻢ اﻷﺑﺮاﺭ، ﻭﺻﻠﺖ ﻋﻠﻴﻜﻢ اﻟﻤﻼﺋﻜﺔ

Artinya: "Orang-orang berpuasa telah berbuka di rumahmu, makanan kalian dikonsumsi oleh orang-orang baik, dan Malaikat akan mendoakan rahmat bagimu." (HR Abu Dawud)

3. Seperti Memerdekakan Budak dan Dosa-dosanya Diampuni
Dalam Hadis yang diriwayatkan Al-Baihaqi, Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ عِتْقُ رَقَبَةٍ وَمَغْفِرَةٌ لِذُنُوبِهِ

Artinya: "Siapa yang memberi makanan berbuka kepada orang yang berpuasa maka ia seperti memerdekakan budak dan dosa-dosanya akan diampuni." (HR Al-Baihaqi)

4. Diberi Minuman dari Telaga Rasulullah SAW
Keutamaan berikutnya akan diberi minuman dari telaga Rasulullah SAW :

‌وَمَنْ ‌أَشْبَعَ ‌صَائِمًا سَقَاهُ اللَّهُ مِنْ حَوْضِي شَرْبَةً لَا يَظْمَأُ حَتَّى يَدْخُلَ الْجَنَّةَ

Artinya: "Siapa yang memberi makan hingga kenyang orang yang berpuasa, maka kelak Allah akan memberikan ia minum dari telagaku satu tegukan yang membuatnya tidak akan pernah haus hingga ia masuk ke dalam surga." (HR Ibnu Abi Dunya)

5. Mendapat Fasilitas Khusus di Surga
Orang yang memberikan hidangan berbuka puasa akan mendapatkan fasilitas khusus di surga sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

إِنَّ فِى الْجَنَّةِ غُرَفًا تُرَى ظُهُورُهَا مِنْ بُطُونِهَا وَبُطُونُهَا مِنْ ظُهُورِهَا فَقَامَ أَعْرَابِىٌّ فَقَالَ لِمَنْ هِىَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ « لِمَنْ أَطَابَ الْكَلاَمَ وَأَطْعَمَ الطَّعَامَ وَأَدَامَ الصِّيَامَ وَصَلَّى لِلَّهِ بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ

Artinya: "Sesungguhnya di dalam surga terdapat kamar-kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya.' Lantas seorang Arab baduwi berdiri sambil berkata, 'Untuk siapakah kamar-kamar itu wahai Rasulullah?' Beliau menjawab, "Untuk orang yang berkata benar, yang memberi makan, dan yang senantiasa berpuasa dan sholat pada malam hari di waktu manusia sedang tidur." (HR at-Tirmidzi)

Itulah lima keutamaan memberi makanan berbuka untuk orang berpuasa. Semoga bermanfaat.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1631 seconds (0.1#10.140)