Keutamaan Membaca Al-Waqiah di Malam Bulan Ramadan

Rabu, 05 April 2023 - 14:28 WIB
loading...
Keutamaan Membaca Al-Waqiah di Malam Bulan Ramadan
Keutamaan membaca surat Al-Waqiah, jika dilakukan secara rutin Allah akan memberikan syafaat-Nya. Apalagi bulan Ramadan bulan penuh keberkahan dan pastinya pintu rezeki akan terbuka lebar. Foto ilustrasi/ist
A A A
Keutamaan membaca surat Al Waqiah di malam bulan Ramadan , sangat istimewa dan mustajab. Sama seperti ibadah-ibadah lainnya, amalannya akan diberi ganjaran pahala yang berlipat-lipat dan akan dikabulkan Allah Subhanahu wa ta'ala.

Jika pada bulan-bulan biasa saja kemustajaban surat Al-Waqiah sudah tidak perlu diragukan lagi, maka silakan bayangkan efeknya saat diamalkan pada bulan Ramadan ini.

Surat Al-Waqiah sendiri bercerita tentang bagaimana hari kiamat akan terjadi, serta balasan bagi orang mukmin dan orang kafir. Selain itu, tertulis pula keterangan mengenai penciptaan manusia, api dan segala jenis tumbuhan, sekaligus kekuasaan Allah Subhanahu wa ta'ala serta akan adanya hari kebangkitan setelah kiamat.



Surat Al-Waqiah dikenal sebagai surat Al-Qur'an yang mustajab mengatasi kesulitan ekonomi, surat Al-Waqiah sejatinya memiliki banyak fadhilah. Fadhilahnya yang sangat populer yakni sebagai berikut:

1.Dijauhkan dari kemiskinan
2. Memperoleh kekayaan berlimpah
3. Ditunaikan hajat yang berhubungan dengan rezeki
4. Dijadikan hartawan dan dermawan
5. Dilimpahkan rezeki
6. Mempermudah keluarnya roh dari jasad
7. Diringankan rasa sakit pada orang yang tengah diuji dengan sakit
8. Dipermudah proses melahirkan bagi ibu hamil
9. Dijauhkan dari kefakiran
10.Pelindung diri dari kemudharatan dunia
11.Diberikan kesenangan dan kemudahan
12. Mendapatkan sepuluh pahala
13. Tidak akan ditimpakan kekafiran
14. Merupakan surat kekayaan
15. Mendapatkaan syafaat di hari kiamat
16. Mendapatkan ketenangan jiwa dan raga
17. Mengajarkan tauhid

Sebagai tambahan, agar doa yang kita panjatkan lebih mustajab dan diganjar pahala berlimpah, ada baiknya menyertai bacaan surat Al-Waqiah dengan membacakan shalawat nabi, dzikir, dan istighfar.

Dzikir dan shalawat nabi sejatinya merupakan senjata terampuh untuk merayu Allah SWT. Membaca dzikir dan shalawat nabi dengan hati ikhlas, berlapang dada merendahkan diri di hadapan-Nya, sesungguhnya sangat disukai oleh Allah SWT.

Keutamaannya Membacanya di Bulan Ramadan

Bukti bahwa rutin membaca surat Al Waqiah dapat memperlancar rezeki dan dijauhkan dari kemiskinan. Bagi muslim yang membacanya terdapat dalam hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam yang berbunyi,

“Barangsiapa membaca Al Waqiah setiap malam, maka dia tidak jatuh miskin selamanya.” (HR Baihaqi).

Tidak hanya itu, ada banyak keutamaan dari surat Al Waqiah lainnya yang perlu kamu ketahui. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, keutamaan surat Al Waqiah yang paling utama adalah dapat terhindar dari kemiskinan.

Apabila seseorang membiasakan diri membaca Al Waqiah satu kali setiap malam, makan akan mendapatkan pahala yang besar dan dapat dijauhkan dari kemiskinan. Selain itu, jika membaca surat Al Waqiah sebanyak 14 kali setelah salat Ashar. Maka seseorang yang membacanya akan mendapatka kekayan berlimbah dan tidak ada habisnya.

Seperti yang telah dijelaskan dalam hadis yang berbunyi:

“Ajarkan surat Al Waqiah kepada istri-istrimu. Karena sesungguhnya ia adalah surat Kekayaan.” (HR Ibnu Ady).

Itulah keutamaan membaca surat Al-Waqiah, jika dilakukan secara rutin Allah akan memberikan syafaat-Nya. Apalagi bulan Ramadan bulan penuh keberkahan dan pastinya pintu rezeki akan terbuka lebar.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1940 seconds (0.1#10.140)