Tebar Kebaikan Ramadan, BSI Maslahat Salurkan Dana Rp10 Miliar

Sabtu, 15 April 2023 - 02:35 WIB
loading...
Tebar Kebaikan Ramadan, BSI Maslahat Salurkan Dana Rp10 Miliar
BSI Maslahat menggelar program Menebar Kebaikan Ramadan 1444 Hijiriah. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Lembaga amil zakat BSI Maslahat menggelar program Menebar Kebaikan Ramadan 1444 Hijiriah. Total dana Rp10 miliar akan disalurkan selama bulan Ramadan melalui berbagai program.

Direktur Eksekutif BSI Maslahat Sukoriyanto Saputro mengatakan, hingga 10 April 2023 total penyaluran yang telah dilakukan sebesar Rp5 miliar melalui sembilan kantor perwakilan, yaitu Aceh, Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, dan Makassar.

"Kami berharap ke depan BSI Maslahat bisa terus melakukan menebar kebaikan yang dapat dilakukan pada bulan Ramadan," kata Sukoriyanto dalam keterangan tertulis, Jumat (14/4/2023).

Sejumlah program yang dilaksanakan pada Ramadan antara lain program Berbagi Buka dan Sahur, Berbagi Paket Lebaran, dan Berbagi Qurma. Dalam distribusi paket buka dan sahur, pihaknya bekerja sama dengan masjid, pondok pesantren, panti asuhan, lembaga disabilitas dan lembaga sosial lainnya.



Selain itu, pihaknya juga terjun langsung di beberapa fasilitas umum, seperti terminal, stasiun, rumah sakit dan beberapa rest area untuk membagikan buka puasa kepada yang membutuhkan.

"Hingga saat ini sudah disalurkan sebanyak 10.000 paket berbuka dan sahur untuk daerah Jakarta dan sekitarnya," katanya.

Berbagi Paket Lebaran disalurkan dalam bentuk sembako dan THR untuk anak yatim. Penerima manfaat paket Lebaran sembako di antaranya disabilitas, da’i, pegiat Al-Qur'an, yatim piatu, dan masyarakat dhuafa yang membutuhkan di seluruh Indonesia.

Bantuan Paket Lebaran THR juga diberikan berupa uang tunai dan parcel. Dalam program ini, BSI Maslahat menargetkan penerima manfaat sebanyak 8.000 jiwa.

Kemudian Berbagi Qurma (Qur’an Maslahat) akan disalurkan kepada masjid-masjid, tempat belajar Qur’an dan pondok pesantren di seluruh Indonesia. Program Qurma membantu memberantas buta huruf Al-Qur'an dan meningkatkan pemahaman umat muslim Indonesia dengan memberikan Qur’an terjemah.

Saat Lebaran, BSI Maslahat dan BSI juga bekerja sama memberikan Layanan Mudik untuk pulau Jawa. Selain layanan mudik juga disediakan Layanan Kesehatan gratis bagi para pemudik di beberapa titik pemberhentian

Direktur Marcomm and Network BSI Maslahat Risyad Iskandar menyampaikan, pihaknya hadir untuk menebar kebaikan kepada masyarakat. Kegiatan itu diharapkan bisa semakin menambah keberkahan Ramadan.

"Bersedekah, infaq, dan berzakat akan terasa lebih bermakna dengan memberikan kepada yang tepat menerimanya dan merata di Indonesia," kata Risyad.

Seremoni Penyerahan Paket Lebaran kepada yatim/dhuafa untuk daerah Jabodetabek akan dilakukan di Jakarta Convention Center (JCC). Selain itu juga diadakan Kajian Sahabat Till Jannah sebagai syiar dan literasi kepada masyarakat mengenai zakat, infaq, sedekah, dan wakaf.

Pihaknya menghadirkan nara sumber yang ahli di bidang ZISWAF untuk membantu para muzakki untuk menjawab segala permasalahan. Awareness mengenai produk dan program BSI Maslahat juga dilakukan.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)