Colin Bloom Rekomendasikan Pinjaman Syariah untuk Mahasiswa Muslim

Senin, 01 Mei 2023 - 14:57 WIB
loading...
Colin Bloom Rekomendasikan Pinjaman Syariah untuk Mahasiswa Muslim
Colin Bloom
A A A
JAKARTA - Penasihat Pemerintah Inggris bidang Agama, Colin Bloom, merekomendasikan pemerintahnya untuk mengembangkan pinjaman syariah bagi mahasiswa muslim agar mereka dapat belajar di perguruan tinggi. Di sisi lain, ia juga menyarankan ditingkatkannya rekrutmen tentara dari kalangan muslim.

Rekomendasi Bloom ini, sebagaimana dilansir The Guardian Rabu 26 April 2023, adalah bagian dari 22 rekomendasi yang disampaikan kepada para pengambil keputusan. Rekomendasi tersebut antara lain:

1. Memberikan setiap pegawai negeri, termasuk dokter, guru dan polisi, wajib belajar agama.
2. Mengatur sekolah-sekolah agama yang tidak diatur.
3. Memperkenalkan pinjaman mahasiswa yang sesuai syariah.
4. Melakukan kajian radikalisasi di Lapas/Rutan.
5. Meluncurkan kampanye untuk merekrut lebih banyak tentara Muslim.
6. Menindak supremasi kulit putih yang bermotivasi agama.
7. Menyelidiki ekstremisme Sikh.
8. Menggunakan undang-undang keamanan online untuk menindak materi yang mempromosikan kebencian agama.
9. Mendanai program baru untuk membantu orang-orang yang meninggalkan lingkungan keagamaan yang memaksa.
10. Mereformasi dan menyediakan sumber daya yang tepat untuk unit perkawinan paksa pemerintah



Laporan tersebut diterbitkan 4 tahun setelah pertama kali ditugaskan oleh perdana menteri saat itu, Boris Johnson. Ini mencapai sekitar 160 halaman dan 65.000 kata, berurusan dengan segala hal mulai dari peran pendeta di penjara hingga ancaman yang semakin meningkat yang ditimbulkan oleh kaum nasionalis Sikh dan Hindu.

Dalam beberapa kesempatan, Bloom menyoroti bagaimana umat Islam terpinggirkan oleh kebijakan pemerintah, baik sengaja maupun tidak. Dia memperingatkan, misalnya, bahwa 12.000 Muslim tidak masuk universitas setiap tahun karena ajaran Islam mengatakan membayar atau menerima bunga adalah dosa.

Bloom juga mengatakan angkatan bersenjata gagal merekrut cukup banyak orang dari latar belakang Islam, menunjuk pada data yang menunjukkan bahwa Muslim merupakan 0,5% dari pasukan Inggris, dibandingkan dengan 6,5% dari populasi umum.

Pemerintah menyambut baik laporan tersebut pada hari Rabu, meskipun tidak berkomitmen untuk menerapkan rekomendasinya. “Saya menyambut ulasan ini dan berterima kasih kepada Colin atas pekerjaannya. Kami akan dengan hati-hati mempertimbangkan rekomendasinya dan saya akan menjadikannya sebagai misi saya untuk terus bekerja sama dengan mereka dari semua agama,” ujar Menteri Agama, Lady Jane Scott.



Beberapa juru kampanye agama juga menyambut baik temuannya. Yehudis Fletcher, yang mendirikan wadah pemikir untuk berkampanye melawan ekstremisme Yahudi, berkata: “Kami sangat mendukung rekomendasi ulasan Bloom sehubungan dengan sekolah, pemaksaan dalam pernikahan, dan ekstremisme serta eksploitasi berbasis agama.”
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2434 seconds (0.1#10.140)