Mimar Sinan, Arsitek Ottoman yang Legendaris

Rabu, 03 Mei 2023 - 12:34 WIB
loading...
Mimar Sinan, Arsitek Ottoman yang Legendaris
Mimar Sinan, sang arsitek di era Ottoman. Foto/Ilustrasi: anadolu agency
A A A
Namanya Mimar Sinan. Arsitek di era Ottoman atau Utsmaniyah ini tercatat membangun lebih dari 350 bangunan, termasuk 82 masjid agung, 52 masjid kecil, 55 madrasah, 48 pemandian, 36 istana, dan banyak lainnya. Hingga kini ia diingat sebagai arsitek dengan maha karya.

Sinan sang Arsitek meninggalkan jejaknya dalam sejarah arsitektur dunia dengan karya uniknya. Ia menekuni dunia arsitektur selama setengah abad.

Anadolu Agency melansir, Sinan lahir pada tahun 1490 di desa Agirnas di provinsi Kayseri Türkiye, dan dibawa ke Istanbul sebagai devshirme pada masa Yavuz Sultan Selim.

Sinan yang berkesempatan mengenal monumen arsitektur di wilayah tersebut dengan berpartisipasi dalam ekspedisi Yavuz Mesir. Ia memperoleh pengalaman dalam hubungan arsitektur-perkotaan dengan mempelajari struktur kuno serta bangunan periode Seljuk dan Safawi.



Pada masa pemerintahan Suleiman yang Agung, Sinan, yang merupakan seorang janisari, meraih kesuksesannya setelah berpartisipasi dalam ekspedisi Beograd tahun 1521 dan ekspedisi Rhodes di Kanuni tahun 1522.

Sinan, yang membangun tiga galai di Tatvan atas perintah Lutfi Pasha pada tahun 1534 selama ekspedisinya ke Irak, melengkapi kapal-kapal ini dengan senjata seperti meriam dan senapan, dan mengumpulkan informasi tentang keadaan pasukan Safawi.

Tujuan utama Sinan mendekati Kanuni dalam banyak kesempatan dan bertugas di berbagai pangkat, adalah bekerja sebagai arsitek.

Dengan penugasan Lutfi Pasha, ia mendapat apresiasi dari Sultan Suleiman yang Agung dengan jembatan yang dibangunnya di atas Sungai Prut dalam 13 hari selama ekspedisi Karabakh (Moldova) pada tahun 1538 dan dipromosikan menjadi kepala arsitek.

Setelah itu, Sinan meninggalkan dinas militer dan mengabdikan dirinya pada arsitektur. Dari sinilah dia akan menghasilkan karya-karya hebat.

Ia menjabat sebagai kepala arsitek selama 49 tahun pada masa pemerintahan Suleiman Agung, Selim II, dan Murat III.



Mahakarya

Sinan yang terus produktif hingga akhir hayatnya meninggal dunia di Istanbul pada 1588. Makamnya, jika dilihat dari atas terlihat seperti kompas, terletak di tepi Kompleks Suleymaniye, yang digambarkan sebagai "mahakarya".

Menurut yayasan yang didirikan atas namanya, Sinan, yang istrinya adalah Mihri Hatun, memiliki tiga orang anak. Salah satunya adalah putranya Mehmed yang terbunuh sedangkan yang lainnya adalah putrinya, Neslihan dan Ummuhan.

Arsitek hebat ini telah merancang, membangun, dan memperbaiki ratusan bangunan baik besar maupun kecil dalam petualangan arsitekturalnya selama hampir 50 tahun.

Selama hidupnya, Sinan telah merancang lebih dari 350 bangunan, termasuk 82 masjid agung, dan 52 masjid kecil, 55 madrasah, tujuh darul-kurras, 20 kuil, 17 imaret, tiga darus-shifas, 6 saluran air, 10 jembatan, 20 karavan, 36 istana, 8 ruang bawah tanah, dan 48 pemandian.

Meskipun masjid dan kompleks sosial adalah yang paling terkenal di antara karya-karyanya, Sinan juga menghasilkan karya penting di berbagai bidang seperti jembatan dan saluran air.



Karya-karya Sinan, yang sangat tertarik dengan banyak cabang seni pada masanya, juga mencakup seni ubin, kaligrafi, ukiran, dan ornamen Ottoman abad ke-16.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1570 seconds (0.1#10.140)