Kisah Nabi Khidr, Nabi yang Memiliki Pengetahuan Sangat Luas

Kamis, 04 Mei 2023 - 12:22 WIB
loading...
Kisah Nabi Khidr, Nabi yang Memiliki Pengetahuan Sangat Luas
Nabi Khidr merupakan sosok mistreius dan tidak banyak diketahui orang, namun ia dikenal sebagai nabi yang memiliki pengetahuan luas dan allah SWT memberikan banyak keistimewaan padanya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Kisah Nabi Khidr adalah salah satu kisah yang terdapat dalam Al-Qur'an dan sangat menarik perhatian banyak orang. Nabi Khidr adalah seorang nabi yang memiliki pengetahuan yang sangat luas yang diberikan oleh Allah SWT kepadanya. Kisah Nabi Khidr terdapat dalam surah Al-Kahfi ayat 60-82. Meskipun dikenal sebagai nabi dengan pengetahuan sangat luas, namun nabi Khidr tidak pernah merasa puas dan senantiasa mencari ilmu.

Nabi Khidr merupakan sosok misterius dan tidak diketahui banyak orang. Ia dikenal sebagai nabi yang memiliki pengetahuan luas dan Allah SWT telah memberikan keistimewaan kepadanya untuk memahami ilmu-ilmu yang tidak diketahui oleh manusia. Salah satu kisah terkenal tentang nabi Khidr adalah ketika ia dipertemukan dengan Nabi Musa AS.

Ketika itu, Nabi Musa alaihisalam merasa ingin belajar dari Nabi Khidr, namun ditolak oleh nabi Khidr. Nabi Musa AS pun berargumen dengan Nabi Khidr, mengapa ia tidak ingin mengajarkan pengetahuannya. Nabi Khidr pun menjelaskan bahwa ia memiliki pengetahuan yang Allah SWT berikan kepadanya dan tidak ada manusia yang bisa memahami sepenuhnya. Akan tetapi, Nabi Musa AS tetap bersikeras untuk belajar dari nabi Khidr.

Akhirnya, Nabi Khidr mengajak Nabi Musa AS untuk mengikuti perjalanannya. Selama perjalanan itu, nabi Khidr melakukan 3 tindakan yang tidak bisa dimengerti oleh Nabi Musa AS. Pertama, ia merusak perahu nelayan yang ada di pinggir sungai. Kedua, ia membunuh seorang anak kecil. Ketiga, ia memperbaiki tembok yang hampir roboh.

Nabi Musa AS tidak bisa memahami tindakan nabi Khidr dan merasa tidak setuju dengan apa yang dilakukan. Namun, nabi Khidr menjelaskan bahwa tindakan-tindakan tersebut memiliki hikmah yang hanya diketahui oleh Allah SWT. Setiap tindakan yang ia lakukan, tentunya memiliki tujuan yang baik dan memberikan manfaat pada akhirnya. Nabi Khidr juga menjelaskan bahwa dirinya telah diberikan kebijaksanaan oleh Allah SWT untuk melakukan tindakan-tindakan tersebut.

Kisah Nabi Khidr memberikan pelajaran yang sangat berharga, bahwa Allah SWT memiliki pengetahuan yang sangat luas dan kita sebagai manusia tidak dapat memahami segala sesuatu dengan sempurna. Ada hal-hal yang terkadang tidak bisa memahami dengan akal sehat manusia, namun Allah SWT selalu memberikan hikmah dari setiap tindakan-Nya.

Sosok dan kisah Nabi Khidr juga mengajarkan untuk bersabar dan mempercayai rencana Allah SWT. Terkadang, kita sulit memahami rencana-Nya dan merasa bahwa tindakan Allah SWT tidak adil atau tidak masuk akal. Namun, kita harus selalu mengingat bahwa Allah SWT memiliki kebijaksanaan yang sangat tinggi dan tindakan-Nya selalu memiliki hikmah yang tidak bisa kita pahami secara langsung.

(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2381 seconds (0.1#10.140)