Panduan Jejak Warisan Islam Inggris Menurut Lonely Planet

Minggu, 07 Mei 2023 - 15:36 WIB
loading...
Panduan Jejak Warisan Islam Inggris Menurut Lonely Planet
Panduan jejak warisan Islam Inggris. Foto/Ilustrasi: arab news
A A A
Lonely Planet telah menerbitkan panduan bagi wisatawan yang ingin ke Inggris . Panduan ini menampilkan seluruh bab tentang warisan Islam yang kurang dikenal di negara itu, yang terbentang lebih dari 1.200 tahun.

Lonely Planet adalah penerbit buku panduan perjalanan yang didirikan di Australia pada tahun 1973. Perusahaan ini telah mencetak lebih dari 150 juta buku.

Panduan ke Inggris memiliki bagian dan esai berjudul "Legacies of Empire", "Bristol's Black History", "An Other London", dan "Hidden Muslim Britain", yang semuanya berusaha menyoroti budaya bangsa yang terpinggirkan dan cerita mereka.



Tharik Hussain, penulis Muslim “Minarets in the Mountains: A Journey Into Muslim Europe,” yang mengeksplorasi budaya Muslim pribumi di benua itu, berkontribusi pada panduan perjalanan yang baru tersebut.

“Saya pikir sangat luar biasa melihat buku panduan arus utama seperti ini akhirnya keluar dari cara mereka untuk memasukkan pengalaman yang sangat beragam bagi pengunjung,” katanya sebagaimana dikutip Arab News belum lama ini.

Hussain, yang mengembangkan salah satu jejak warisan Muslim pertama di Inggris, menulis bab "Hidden Muslim Britain". Ini berfokus masjid pertama yang dibangun khusus di Inggris, Shah Jahan - Liverpool dan Brighton, di mana beberapa warisan Islam yang paling terlihat dapat ditemukan.

Ini termasuk pemakaman Muslim pertama di Inggris — tempat peristirahatan terakhir para bangsawan, wanita, dan bangsawan Muslim yang berpindah agama — dan Paviliun Brighton, tempat tentara Muslim (serta Sikh dan Hindu) yang terluka yang berjuang untuk Inggris dalam Perang Dunia I dirawat.

“Panduan ini juga mengungkapkan tempat untuk mengunjungi 'kamar oriental' spektakuler yang meniru istana Muslim terkenal seperti Alhambra di Spanyol dan Topkapi di Turki,” kata Hussain.



Menurutnya, ini didukung oleh sebuah esai berjudul Anglo Islam yang mengungkapkan bagaimana Islam datang ke pulau itu pada awal abad ke-8, ketika seorang raja Anglo-Saxon bernama Offa mencetak koin emas yang menampilkan bagian dari deklarasi iman Muslim dalam bahasa Arab.

Esai itu juga menceritakan bagaimana komunitas Muslim sejati pertama di Inggris “adalah sekelompok orang kulit putih, mualaf Victoria yang beribadah di masjid pertama negara itu di Liverpool, yang didirikan oleh seorang pengacara bernama Henry William Quilliam, kemudian Abdullah Quilliam.

Bagian tentang kerajaan memberi tahu pengunjung ke mana mereka dapat belajar tentang "kengerian pemerintahan kekaisaran Inggris", dan bagaimana mengalami warisan pascakolonial yang lebih positif seperti Kuil Neasden yang menakjubkan di barat laut London, yang dibangun oleh imigran yang pindah ke Inggris setelah runtuhnya kekaisaran.

Panduan ini juga menceritakan tentang lembaga budaya yang didirikan oleh komunitas Turki, Palestina, Bangladesh, dan Kulit Hitam di London, seperti Arsip Budaya Hitam di Brixton, dan menawarkan alternatif tempat wisata biasa, seperti Tur Sejarah Muslim dan Kota Terbuka. tur jalan kaki yang menjelajahi warisan Cina London yang terlupakan.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2177 seconds (0.1#10.140)