Ummu Hisyam binti Haritsah, Sahabiyah Penghapal Surat Qaf Langsung dari Rasulullah

Kamis, 11 Mei 2023 - 10:52 WIB
loading...
Ummu Hisyam binti Haritsah, Sahabiyah Penghapal Surat Qaf Langsung dari Rasulullah
Salah satu sahabiyah yang hidup di era Nabi SAW adalah Ummu Hisyam binti Haritsah, sosok muslimah cerdas ini meriwayatkan 10 hadis langsung dari Rasulullah. Foto ilustrasi/ist
A A A
Banyak sahabat Rasulullah shallalahu alaihi wa sallam di kalangan muslimah ( sahabiyah ) yang cerdas dan membantu Nabi SAW dalam menegakkan syariat Islam. Salah satu sosok sahabiyah yang hidup di awal-awal Islam ini adalah Ummu Hisyam binti Haritsah. Sosok ulama perempuan yang hidup sezaman dengan Rasulullah. Ia salah satu sahabat yang masuk dalam peristiwa Bai'atur Ridhwan (peristiwa ketika Rasulullah dan para sahabat melakukan baiat di bawah pohon dekat Makkah).

Ummu Hisyam dikenal sebagai salah satu sahabiyah yang taat dan patuh terhadap ajaran Rasulullah. Keteguhan Ummu Hisyam terhadap ajaran Islam juga tidak lepas dari ayahnya, Haritsah bin Nu'man. Haritsah dekat dengan Rasulullah dan mengikuti ajarannya jauh sebelum Islam masuk ke Madinah.

Haritsah bahkan menghibahkan tanah dan rumahnya kepada Rasulullah saat rombongannya hijrah ke Madinah. Karena itu, rumah mereka berdekatan dengan kediaman Rasulullah. Ketaatan Haritsah kepada Rasulullah juga ditularkan kepada keluarganya, termasuk Ummu Hisyam.

Para ahli hadis bahkan mengatakan bahwa keluarga Haritsah selalu menjaga dan mengetahui kondisi Rasulullah. Hal tersebut juga penanda kedekatan keluarga Haritsah dengan keluarga Rasulullah. Karena itu pula ayah dari Ummu Hisyam memiliki ke dudukan istimewa di mata Rasulullah.

Rasulullah pun pernah bermimpi berada di surga dengan mendengar seseorang membaca Al Quran. "Lalu aku bertanya, 'Siapa dia?' Mereka menjawab, "Dia Haritsah bin Nu'man. "Itulah balasan berbakti kepada orang tua."

Meriwayatkan 10 Hadis

Ummu Hisyam mempunyai semangat tinggi untuk belajar kepada Rasulullah. Ia juga dikenal sebagai perempuan yang cerdas. Hingga kemudian ia lebih dikenal sebagai hafizah dan ahli hadis . Beberapa sahabat bahkan meriwayatkan hadis dari Ummu Hisyam, seperti Muhammad bin Abdurrahman bin As'ad Zurarah, Yahya bin Abdullah, dan Hubaib bin Abdurrahman bin Yasaf. Ummu Hisyam disebutkan telah meriwayatkan sepuluh hadis.

Semangat tinggi dalam menuntut ilmu tak lepas dari sabda Rasulullah tentang keutamaan menuntut ilmu. Rasulullah pun pernah bersabda, "Orang yang menempuh perjalanan untuk mencari ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan surga. Para malaikat meletakkan sayapnya sebagai tanda senang kepada orang yang mencari ilmu. Orang yang mencari ilmu akan diminta ampun oleh penduduk langit dan penduduk bumi sampai ikan-ikan pun ikut beristighfar untuknya. Keutamaan orang yang berilmu dibandingkan ahli ibadah seperti keutamaan bulan dibanding bintang lainnya."

Dalam suatu riwayat juga disebutkan bahwa Ummu Hisyam mampu menghafal surah Qaf langsung dari Rasulullah. "Aku menghafal surah Qaf tidak lain dari lisan Rasulullah. Beliau membaca setiap Jumat di atas mimbar saat menyampai khutbah."

Imam Nawawi menakwilkan hadis tersebut dan berpendapat, yakni surah Qaf dipilih Rasulullah yang dibaca ketika khutbah Jumat karena surat tersebut mengandung penjelasan tentang kebangkitan, kematian, nasihat, dan larangan dengan tegas.

(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1456 seconds (0.1#10.140)