Inilah 6 Perbedaan Nabi dan Rasul, Ketahui dan Pahami

Kamis, 11 Mei 2023 - 19:52 WIB
loading...
Inilah 6 Perbedaan Nabi dan Rasul, Ketahui dan Pahami
Ulama sepakat bahwa ada perbedaan antara nabi dan rasul, terkait risalah yang disampaikan, umat dan sifatnya, serta perbedaan lainnya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Perbedaan antara nabi dan rasul ini telah disepakati oleh para ulama. Umat Muslim tentunya harus tahu betul perbedaan ini dalam rangka mengimani adanya nabi dan rasul .

Dari sisi pemaknaannya, dijelaskan bahwa semua rasul itu adalah nabi, namun tidak semua Nabi merupakan seorang Rasul. Beberapa dalil yang menunjukkan perbedaan ini tercantum dalam Al-Quran, sebagaimana Allah subhanahu wa ta'ala berfirman :

وَمَا أَرْسَلْنَا مِن قَبْلِكَ مِن رَّسُولٍ وَلَا نَبِيٍّ


Artinya : "Dan Kami tidak mengutus sebelum kamu seorang rasul pun dan tidak (pula) seorang nabi.” (QS. Al-Haj: 52)

Perbedaan nabi dan rasul dijelaskan pula dalam Surat Maryam Ayat 51, Allah SWT berfirman :

وَاذْكُرْ فِي الْكِتَابِ مُوسَى إِنَّهُ كَانَ مُخْلَصاً وَكَانَ رَسُولاً نَّبِيّاً


Artinya : "Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka), kisah Musa di dalam Al-Kitab (Al-Quran) ini. Sesungguhnya ia adalah seorang yang dipilih dan seorang rasul dan nabi.” (QS. Maryam: 51)

Terdapat beberapa hal yang menandai perbedaan Nabi dan Rasul, di antaranya adalah :

1. Cara Mendapatkan Wahyu

Perbedaan Nabi dan Rasul yang pertama ini berdasar pada cara memperoleh wahyu. Dimana Rasul memperoleh wahyu dari melalui perantaraan Jibril ‘alaihis salam kepadanya dalam kondisi sadar (terjaga).

Sedangkan Nabi mendapatkan wahyu atau mendapatkan kenabian dalam bentuk ilham atau melalui mimpi.

2. Tanggungjawab Terhadap Wahyu yang Diterima

Terdapat pendapat yang mengatakan bahwa Rasul mendapatkan wahyu dan diperintahkan untuk menyampaikan kepada umatnya. Sedangkan nabi itu mendapatkan wahyu, namun tidak diperintahkan untuk disampaikan kepada umatnya.

Ibnu Abil ‘Iz Al-Hanafi rahimahullah pernah menyampaikan bahwa, “Para ulama menyebutkan perbedaan-perbedaan antara Nabi dan Rasul. Pendapat yang paling bagus adalah bahwa siapa saja yang mendapatkan berita dari langit (wahyu), jika diperintahkan untuk disampaikan kepada orang lain, maka dia adalah nabi sekaligus rasul. Akan tetapi, jika tidak diperintahkan untuk disampaikan kepada orang lain, maka dia nabi, namun bukan rasul.” (Syarh Al-‘Aqidah Ath-Thahawiyyah, hal. 158)

3. Tugas

Pendapat berikutnya terkait perbedaan Nabi dan Rasul berdasar pada tugas yang diemban. Dimana Rasul akan diutus dengan membawa syariat yang baru. Sedangkan Nabi bila diutus maka akan membawakan syariat sebelumnya.

Hal tersebut dijelaskan dalam Al-Quran surat Al -Mu'minun ayat 44. Allah SWT berfirman :

ثُمَّ اَرۡسَلۡنَا رُسُلَنَا تَتۡـرَا‌ ؕ كُلَّ مَا جَآءَ اُمَّةً رَّسُوۡلُهَا كَذَّبُوۡهُ‌ فَاَتۡبَـعۡنَا بَعۡـضَهُمۡ بَعۡـضًا وَّجَعَلۡنٰهُمۡ اَحَادِيۡثَ‌ ۚ فَبُـعۡدًا لِّـقَوۡمٍ لَّا يُؤۡمِنُوۡنَ


Artinya : "Kemudian, Kami utus rasul-rasul Kami berturut-turut. Setiap kali seorang rasul datang kepada suatu umat, mereka mendustakan nya, maka Kami silih gantikan sebagian mereka dengan sebagian yang lain (dalam kebinasaan). Dan Kami jadikan mereka bahan cerita (bagi manusia). Maka kebiasaanlah bagi kaum yang tidak beriman." (QS Al-Muminun : 44)

4. Umat

Dalam sebuah pendapat oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah, disebutkan bahwa Rasul akan diutus kepada umat yang menyelisihi atau menentangnya. Sementara Nabi akan diutus pada umat yang akan menyambut dakwahnya.

Pendapat ini diperkuat dengan hadits yang meriwayatkan Rasulullah SAW pernah bersabda :

فَيَأْتُونَ نُوحًا فَيَقُولُونَ: يَا نُوحُ، إِنَّكَ أَنْتَ أَوَّلُ الرُّسُلِ إِلَى أَهْلِ الأَرْضِ


“Mereka pun mendatangi Nuh, dan berkata, ‘Wahai Nuh, sesungguhnya Engkau adalah rasul pertama bagi manusia.’” (HR. Bukhari no. 4712)

Dalam hal ini Nabi Nuh AS diutus kepada umat yang menentang dakwah beliau. Sementara Nabi sebelumnya yakni Adam AS dan Idris AS bukanlah seorang Rasul.

5. Sifat

Perbedaan berikutnya terletak pada sifat, yang mana Rasul adalah berasal dari golongan manusia yang memang mulia atau keturunan umat mulia. Rasul sudah dipilih dan diberi Allah SWT mukjizat agar bisa menjadi contoh umat di dunia dan akhirat.

Sementara Nabi adalah sosok dari golongan manusia biasa yang menjalankan hidup seperti orang pada umumnya. Namun, seorang Nabi memiliki keistimewaan dari Allah SWT serta sifat yang mulia.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1339 seconds (0.1#10.140)