Gerbang Madrasah Lama: Inilah yang Tersisa dari Sekolah Islam Peninggalan Ottoman di Yunani

Jum'at, 12 Mei 2023 - 18:20 WIB
loading...
Gerbang Madrasah Lama: Inilah yang Tersisa dari Sekolah Islam Peninggalan Ottoman di Yunani
Tokoh-tokoh penting dalam komunitas Muslim kota pernah berkumpul di Gerbang Tua Madrasah: Foto MEE/Nick Paleologos
A A A
Madrasah atau sekolah Islam di Yunani ini dibangun pada tahun 1721, yakni pada era Ottoman . Kini bangunan yang tersisa hanyalah berupa gerbang saja. Nasib bangunan bersejarah era Ottoman di Yunani memang tidak terurus. Hanya saja belakangan mulai diperhatikan dalam rangka menarik wisatawan Timur Tengah .

Pada tahun 1821, banyak madrasah yang rusak dan hancur selama perang Yunani untuk melepaskan diri dari Kesultanan Utsmaniyah.

Laman Middleeasteye menyebut madrasah ini sempat dibangun kembali, namun diubah menjadi penjara. Mereka yang dijatuhi hukuman mati digantung di pohon yang banyak tumbuh di halaman penjara.

Penjara tersebut kemudian ditutup, dan kerusakan lebih lanjut terjadi ketika reruntuhan Romawi digali dari bawah lokasi madrasah.

Itulah sebabnya yang tersisa kini hanyalah pintu masuk, yang dikenal sebagai Gerbang Madrasah Lama atau Old Madrassa Gate. Apa yang tersisa dari pintu masuk termasuk lengkungan batu dan pintu kayu yang dikelilingi oleh semak dan pohon yang tumbuh liar.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2400 seconds (0.1#10.140)