Masjid Fethiye Athena, Dibangun di Atas Reruntuhan Gereja

Sabtu, 13 Mei 2023 - 08:17 WIB
loading...
Masjid Fethiye Athena, Dibangun di Atas Reruntuhan Gereja
Masjid Fethiye dibuka untuk turis sejak 2017 (MEE/Nick Paleologos)
A A A
Masjid Fethiye, atau “Masjid Penaklukan” bermula dari sebuah gereja dan di masa Ottoman atau Utsmaniyah diubah menjadi masjid . Tempat ibadah umat Islam tersebut terletak di Agora kuno Athena, Yunani . Sejak 2017, bangunan ini dibuka untuk umum.

Masjid ini dibangun di atas reruntuhan basilika Kristen , bekas gereja diubah menjadi masjid tidak lama setelah pemerintahan Ottoman menguasai Athena. Setelah itu, orang Venesia secara singkat mengubah masjid menjadi gereja selama mereka menguasai Athena pada akhir abad ke-17.

Bangunan itu berubah tujuan lagi setelah kemerdekaan Yunani, ketika digunakan sebagai sekolah, barak militer, penjara, dan toko roti militer.

Dimulai pada awal abad ke-20, struktur tersebut menjadi gudang artefak yang ditemukan selama penggalian Agora dan Acropolis.

Pada tahun 2010, pemerintah Yunani memutuskan untuk memulihkan situs tersebut dan pada tahun 2013, Dewan Arkeologi Pusat Yunani menandatangani restorasi, yang mencakup renovasi struktural yang signifikan. Sejak 2017, itu tetap terbuka untuk umum.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2119 seconds (0.1#10.140)