Masjid Barbaros Hayrettin Pasha: Masjid Baru Turki untuk Kenang Kapten Angkatan Laut Ottoman

Sabtu, 13 Mei 2023 - 13:50 WIB
loading...
Masjid Barbaros Hayrettin Pasha: Masjid Baru Turki untuk Kenang Kapten Angkatan Laut Ottoman
Masjid Barbaros Hayrettin Pasha. Foto/Ilustrasi: AA
A A A
Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan Jumat kemarin (12 Mei 2023) salat Jumat di Masjid Barbaros Hayrettin Pasha, menandai mulai dibukanya masjid yang mengambil nama kapten angkatan laut Ottoman tersebut. Ini adalah masjid baru, yang dibangun sejak 3 tahun lalu. Masjid ini terletak di Levent, pusat bisnis Istanbul .

Fondasi masjid terinspirasi oleh Masjid Süleymaniye, yang dianggap sebagai salah satu contoh terpenting arsitektur Ottoman klasik oleh master arsitek Mimar Sinan.

Berbicara pada upacara peresmian masjid, setelah salat Jumat, Presiden Turki Erdogan berkata, “Para prajurit Barbaros Hayrettin Pasha adalah 'levends' (tentara tidak tetap angkatan laut Ottoman). Itulah mengapa distrik ini disebut Levent.”

“Saat ditanya, kami berpendapat bahwa nama 'Kapten-i Derya Barbaros Hayrettin' sudah tepat,” lanjutnya, mencatat bahwa distrik ini merindukan masjid semacam itu.



Dia mengatakan pembangunan masjid selesai dalam waktu singkat. Dana yang dialokasikan untuk proyek tersebut berjumlah US$38,2 juta, demikian Anadolu Agency (AA) melaporkan.

Masjid seluas 7.000 meter persegi (44.291 kaki persegi) ini dibangun di atas sebidang tanah seluas 18.500 meter persegi.

Saat dibuka, Masjid Barbaros Hayrettin Pasha akan menawarkan sejumlah fasilitas seperti tempat parkir mobil, kafe buku, taman kanak-kanak, ruang seni visual digital, dan ruang serbaguna.

Menggabungkan elemen arsitektur Ottoman klasik dengan teknik modern, masjid ini menawarkan kubah megah yang dibuat dari lembaran tembaga padat, dihiasi aksen emas dan perak yang mengingatkan pada kubah utama Masjid Agung Çamlıca, masjid terbesar di negara itu.

Dengan diameter kubah utama 24 meter dan tinggi 44 meter, masjid ini dikelilingi empat menara, dua di antaranya dibangun dengan panjang 79 meter dan dua lagi dibangun dengan panjang 92 meter.

Interiornya menampilkan karya kaligrafer Ferhat Kurlu, yang menuliskan ayat-ayat Surah Ibrahim dari Al-Qur'an, menyoroti pentingnya air dan laut. Demikian pula dengan referensi laut, karya miniatur dan iluminasi, yang meliputi nada biru, disiapkan oleh Mustafa Çelebi.



Karpet biru bertema "laut" yang ditenun khusus di provinsi Manisa barat telah diletakkan di masjid. Pembangunan bagian dalam, termasuk mihrab setinggi 13,5 meter (ceruk salat yang menunjukkan arah Kakbah) dan alas dakwah juga selesai. Begitu pula dengan pemasangan pintu di dalam masjid dan pintu utama besar yang dirancang menggunakan teknik bermotif Seljuk dengan lebar 5,9 meter dan tinggi 13 meter.

Ubin khusus Masjid Barbaros Hayrettin Paşa menggunakan pola dan motif yang sangat modern namun klasik, diletakkan di area seluas 600 meter persegi berdasarkan gambar Mehmet Gürsoy, yang dianugerahi "Harta Karun Manusia Hidup" oleh UNESCO pada tahun 2009.
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1458 seconds (0.1#10.140)