Peringatan Nakba di Brooklyn: Kisah Salma Berlinang Air Mata Dikelilingi Bendera Palestina

Senin, 15 Mei 2023 - 12:32 WIB
loading...
Peringatan Nakba di Brooklyn: Kisah Salma Berlinang Air Mata Dikelilingi Bendera Palestina
Hampir 1.000 orang memadati jalan-jalan Bay Ridge pada hari Sabtu untuk merayakan perlawanan Palestina pada Hari Nakba (MEE/Zainab Iqbal)
A A A
Sabtu kemarin 13 Mei 2023 menandai pertama kalinya Salma Abdallah dikelilingi oleh bendera Palestina . Perempuan 23 tahun ini berdiri di jantung Bay Ridge, Brooklyn, Amerika Serikat, di antara lautan ribuan orang berpakaian merah, hijau, putih, dan hitam untuk memperingati 75 tahun Nakba, atau malapetaka 15 Mei. Ini adalah hari pembersihan etnis ratusan ribu orang Palestina di tangan paramiliter Zionis pada tahun 1948.

Antara tahun 1947 dan 1949, pasukan Zionis merebut lebih dari 78% wilayah bersejarah Palestina dan mengusir setidaknya 750.000 warga Palestina dari tanah dan rumah mereka.

Tujuh puluh lima tahun kemudian, ratusan orang di New York City , baik tua maupun muda, dengan bangga mengenakan keffiyeh yang disampirkan di bahu, dililitkan di kepala, dan diikatkan di leher.

Mereka meneriakkan “Bebaskan, Bebaskan Palestina” dan “Dari sungai ke laut, Palestina akan merdeka” dan Salma Abdallah dengan air mata berlinang, meneriakkan kalimat itu bersama mereka semua.

“Tinggal di bagian utara New York , saya belum pernah melihat yang seperti ini secara langsung. Itu selalu di media sosial,” katanya kepada Middle East Eye. “Tahun lalu, saya bersumpah untuk menyaksikan salah satu aksi unjuk rasa ini. Dan sekarang aku di sini, bukan?”

Nenek Salma Abdallah diusir dari rumahnya di Palestina pada tahun 1948. Salma mengatakan dia akan terus berjuang untuk Palestina yang merdeka seperti yang dilakukan neneknya.



Di Bay Ridge, di jantung komunitas Arab, Hari Nakba dirayakan. Itu lebih dari sekadar protes, kata panitia. Sebaliknya, itu adalah perayaan perlawanan, kehidupan, budaya Palestina, dan perjuangan berkelanjutan untuk pembebasan Palestina.

“Ini adalah pertemuan komunitas untuk menegaskan kekuatan kami dan menunjukkan kepada NYC bahwa kami berdiri bersama Palestina dari sungai ke laut, dan kami mendukung perlawanan dan pembebasan Palestina dengan cara apa pun yang diperlukan,” tulis Within Our Lifetime, penyelenggara acara tersebut.

Acara tersebut disponsori oleh lebih dari 20 organisasi termasuk Samidoun, Jaringan Solidaritas Tahanan Palestina; Gerakan Pemuda Palestina; Muslim Amerika untuk Palestina; dan Aliansi Hitam untuk Perdamaian.

Membebaskan Tanah Suci Lima

Banyak orang memegang poster "Bebaskan HLF5", mengacu pada Tanah Suci Lima , sekelompok pria Palestina-Amerika yang dihukum karena mendanai terorisme dalam kasus yang menurut kelompok kebebasan sipil menyoroti penargetan yang tidak proporsional dari badan amal Muslim pasca-9/11.

Kelima pria itu ditangkap pada 2004 atas tuduhan bahwa Holy Land Foundation adalah organisasi teroris dan menyalurkan dana ke Hamas, gerakan politik Palestina yang ditetapkan sebagai kelompok teroris oleh AS sejak 1995.

Sementara persidangan pertama menghasilkan juri yang digantung, persidangan kedua memberikan hukuman penjara yang panjang kepada masing-masing atas tuduhan "dukungan material untuk terorisme".

“Saya memegang poster 'Bebaskan HLF5' karena tidak seorang pun boleh dipenjara secara tidak adil. Terutama mereka yang berjuang untuk Palestina yang merdeka,” kata Mohammad Yasin, seorang pemuda di rapat umum tersebut kepada MEE. “Kita semua terhubung. Kami semua melawan. Rasa sakit mereka adalah rasa sakit kita.”



Tentang Waktu Hari Nakba Diakui

Hari Nakba di AS tidak datang tanpa kontroversi. Awal pekan ini, Ketua DPR Kevin McCarthy membatalkan acara di gedung Capitol yang seharusnya memperingati Nakba, dengan mengatakan dia malah "menyelenggarakan diskusi bipartisan untuk menghormati peringatan 75 tahun hubungan AS-Israel".

Acara tersebut akhirnya dipindahkan ke ruang sidang Senat setelah Senator Bernie Sanders mendaftar sebagai sponsor acara tersebut.

Berbicara kepada publikasi sayap kanan AS The Washington Free Beacon, McCarthy mengatakan bahwa "selama saya menjadi pembicara, kami akan mendukung hak Israel untuk menentukan nasib sendiri dan membela diri, secara tegas dan dengan gaya bipartisan".
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2564 seconds (0.1#10.140)