Doa dan Zikir Sebelum Salat Subuh

Selasa, 16 Mei 2023 - 11:30 WIB
loading...
Doa dan Zikir Sebelum Salat Subuh
Doa dan zikir sebelum salat subuh ini bisa memperlancar dan mendulang rezeki bagi yang rutin mengamalkannya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Doa dan zikir sebelum salat subuh ini bisa memperlancar dan mendulang rezeki bagi yang rutin mengamalkannya. Dalam kitab ' Hasyiyah I‘anatut Thalibin ala Fathil Mu‘in', Abu Bakar bin Sayid M Syatho Dimyati menjelaskan, Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam menganjurkan para sahabatnya untuk membaca doa dan zikir sebelum salat subuh ini untuk memperlancar jalannya rezeki.

Bacaan doa dan zikir sebelum salat subuh tersebut yakni:

1. La ilaha illallah. Almalikul haqqul mubin, setiap hari 100 kali
2. Subhanallahi wa bihamdih, setiap hari 100 kali
3. Subhanallahil adzim, setiap hari 100 kali
4. Astaghfirullahal adzim, setiap hari 100 kali.

Walaupun zikir bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, namun, sejumlah ulama pun berpendapat bahwa zikir yang dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu aaihi wa sallam itu diamalkan diantara salat sunah subuh dan salat subuh . Namun, jika kesempatan ini terlewat, umat muslim masih memiliki kesempatan membaca zikir tersebut setelah Subuh hingga sebelum matahari terbit.

Rezeki yang lancar tentu saja tidak hanya soal materi, tetapi rezeki bisa mencakup kesehatan, ketenangan jiwa, hati dan pikiran.

Syekh Nawawi al-Jawi dalam Qatru al-Ghais fi Syarh Masail Abi Laits menjelskan bahwa,"Rezeki tidak terbatas pada makanan dan minuman, akan tetapi segala sesuatu yang bermanfaat bagi hayawan (makhluk bernyawa) termasuk makanan, minuman, pakaian, dan sebagainya. Rezeki yang paling utama adalah at-taufiq (pertolongan Allah) kepada ketaatan.”

Dengan begitu, rezeki yang dimaksudkan adalah rezeki dari lahir dan batin.


Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1781 seconds (0.1#10.140)