Doa  yang Diajarkan Rasulullah SAW Agar Dijauhkan dari Akhlak Buruk 

Selasa, 16 Mei 2023 - 12:45 WIB
loading...
Doa  yang Diajarkan Rasulullah SAW Agar Dijauhkan dari Akhlak Buruk 
Rasulullah mengajarkan doa agar kita dijauhkan dari akhlak buruk. Foto/Ilustrasi: ist
A A A
Berikut ini adalah doa yang diajarkan Rasulullah SAW agar kita dijauhkan dari memiliki akhlak atau tabiat yang buruk. Doa ini merupakan salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud, Tirmidzi dan An-Nasai;

اللَّهُمَّ ‌إِني ‌أَعُوذُ ‌بِكَ ‌مِنْ ‌شَرِّ ‌سَمْعِي، ‌وَمِنْ ‌شَرِّ ‌بَصَرِي، ‌وَمِنْ ‌شَرِّ ‌لِسانِي، وَمِنْ شَرِّ قَلْبِي، وَمِنْ شَرِّ مَنِيِّي.


Allahumma inni audzubika min syarri sam`iy wa min syarri bashariy, wa min syarri lisaniy wa min syarri qalbiy, wa min syarri maniyyiy.

Artinya; “Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari keburukan pendengaranku, dari keburukan penglihatanku, dari keburukan lisanku, dari keburukan hatiku, dan dari keburukan kemaluanku”. (HR. Imam Abu Dawud, Tirmidzi dan An-Nasa’i).



Rasulullah juga mengajarkan doa yang bisa memotivasi umatnya untuk tetap berupaya memiliki akhlak yang mulia dan beramal baik. Doa Rasulullah ini sebagaimana diriwayatkan Imam Nasa’i.

اَللَّهُمَّ أَهْدِنِيْ لِأَحْسَنِ اْلأَعْمَالِ، وَأَحْسَنِ اْلأَخْلاَقِ، لاَ يَهْدِي لِأَحْسَنِهَا إِلاَّ أَنْتَ، وَقِنِي سَيِّئِ اْلأَعْمَالِ، وَسَيِّئِ اْلأَخْلاَقِ، لاَ يَقِي سَيِّئَهَا إِلاَّ أَنْتَ


Allaahumma ahdinii li-ahsanil a’maal, wa ahsanil akhlaaq, la yahdii li-ahsanihaa illaa anta, wa qinii sayyi-il a’maal, wa sayyi-il akhlaaq, laa yaqii sayyi-ahaa illaa anta.

Ya Allah, berilah petunjuk kepadaku untuk berbuat sebaik-baik amalan, sebaik-baik akhlak, tidak ada yang bisa menunjuki untuk berbuat sebaik-baiknya kecuali Engkau. Dan lindungi kami dari jeleknya amalan dan jeleknya akhlak, dan tidak ada yang melindungi dari kejelekannya kecuali Engkau

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)