Arab Saudi akan Tampung 2 Juta Jemaah Haji Tahun Ini, Gelombang Pertama Sudah Tiba

Selasa, 23 Mei 2023 - 10:20 WIB
loading...
Arab Saudi akan Tampung 2 Juta Jemaah Haji Tahun Ini, Gelombang Pertama Sudah Tiba
Gelombang pertama jemaah Haji 2023 dari Bangladesh tiba di Jeddah pada hari Ahad. Foto/Ilustrasi: Arab News
A A A
Gelombang pertama jemaah haji tahun ini tiba di Tanah Suci pada hari Ahad 21 Mei 2023. Arab Saudi diperkirakan akan menampung lebih dari 2 juta jemaah selama musim haji tahun ini.

Kementerian Haji dan Umrah negara itu mengkonfirmasi dengan membagikan foto jemaah haji di akun Twitter-nya.

Kedatangan jemaah haji tahun ini dari luar Arab Saudi menandai awal musim haji kapasitas penuh pertama setelah dua tahun terbatas karena COVID-19.



Jemaah haji yang datang pada gelombang pertama berasal dari Bangladesh . Mereka disambut dengan bunga, bingkisan, dan ucapan selamat oleh petugas perbatasan dan imigrasi serta pegawai Kementerian Haji dan Umrah, Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kesehatan.

Para jamaah juga menerima yel-yel “Hajj Mubarak” (semoga hajimu berkah) dan “Haji Mabroor” (semoga hajimu terhindar dari maksiat). Mereka diantar dari bandara oleh Ayed Al-Gwinm, wakil menteri urusan haji di Kementerian Haji dan Umrah.

Mohammad Javed Patwary, duta besar Bangladesh dan perwakilan tetap untuk Organisasi Kerjasama Islam, juga hadir. Dia berharap para peziarah melakukan perjalanan yang aman ke tempat-tempat suci.

“Integrasi strategis antara semua entitas pemerintah, mulai dari menyiapkan semua visa hingga bea cukai dari negara-negara peziarah, berjalan sangat baik. Melalui koordinasi terpadu dengan semua pihak, kami ingin menawarkan perjalanan yang mudah dan sederhana di mana jemaah dapat mencapai bandara Kerajaan dan kemudian pindah ke tempat tinggalnya dengan mudah … sehingga jemaah tidak merasa terganggu,” ujar Al-Gwinm kepada Arab News.

Patwary mengatakan kepada Arab News: “Alhamdulillah, semua orang sangat senang menerima sambutan hangat dari otoritas Saudi di sini.”

Jemaah gelombang pertama menandai kedatangan empat penerbangan dari Bangladesh ke Jeddah, dengan total 419 jamaah pada setiap penerbangan.



Sementara itu, penerbangan yang membawa jemaah haji dari Bandara Internasional Islamabad Pakistan, juga melalui inisiatif Rute Makkah, tiba di Bandara Internasional Pangeran Mohammed bin Abdulaziz di Madinah.

Penerbangan lain yang membawa gelombang pertama jemaah haji Malaysia tiba di Madinah.

Mereka diterima oleh direktur departemen paspor wilayah Madinah, Mayjen Talal Al-Dabbasi, dan wakil menteri Haji dan Umrah untuk urusan kunjungan di Madinah, Mohammed Al-Bijawi.

Shamsuldeen Mullah, seorang jemaah Bangladesh berusia 63 tahun yang melakukan haji untuk ketiga kalinya, mengatakan: “Terima kasih kepada pemerintah Saudi karena telah membuat perjalanan ini sangat mudah.”

Mufeed Alrahman, peziarah Bangladesh berusia 63 tahun lainnya, bepergian dengan istrinya, dan berkata: “Terima kasih banyak atas semua pengaturannya, itu sangat bagus. Dibandingkan dengan haji saya sebelumnya yang sekitar 28 tahun yang lalu, semuanya berjalan lancar dan mudah, saya senang dengan perubahan dan semua perbaikan yang telah dilakukan.”

Paspor para jemaah haji diperiksa ulang sebelum mereka naik bus untuk membawa mereka ke hotel di Makkah .

Menurut Arab News, akan ada kedatangan setiap hari dari beberapa penerbangan antara bandara Jeddah dan Madinah hingga 4 Juni.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1441 seconds (0.1#10.140)