Ditempati Kloter Pertama, 4 Hotel di Madinah Siap Layani Jemaah Haji Lansia

Selasa, 23 Mei 2023 - 22:47 WIB
loading...
Ditempati Kloter Pertama, 4 Hotel di Madinah Siap Layani Jemaah Haji Lansia
Di Sektor 1 ada tiga hotel yang disiapkan untuk jemaah haji, yakni Plaza Bdr Al Maqam, Al Madinah Concord Hotel, dan Safwat Al Madinah Hotel. Foto/SINDOnews
A A A
MADINAH - Sebanyak 6.383 jemaah haji Indonesia Kloter l mulai mendarat di Madinah, Arab Saudi pada Rabu 24 Mei 2023, besok. Tim Akomodasi menyatakan seluruh hotel telah siap menampung kedatangan jemaah haji .

Tim MCH berkesempatan meninjau langsung sejumlah hotel yang berada di sektor 1 dan 2 Daker Madinah. Di Sektor 1 ada tiga hotel yang disiapkan untuk jemaah haji, yakni Plaza Bdr Al Maqam, Al Madinah Concord Hotel, dan Safwat Al Madinah Hotel.



Sedangkan di Sektor 2 yakni, Hotel Abraj Taba Company. Keempat hotel tersebut nantinya akan ditempati para jemaah haji Indonesia gelombang pertama yang baru tiba di Madinah.

Di Grand Plaza Madinah misalnya, kesiapan hotel yang berada persis di seberang Masjid Nabawi ini dapat dilihat dari fasilitas yang disediakan. Hotel yang memiliki 1.079 kamar ini menyiapkan kursi roda untuk jemaah haji lanjut usia (lansia).

Untuk memudahkan mobilitas jemaah haji lansia, hotel juga memprioritaskan lift untuk jemaah lansia naik turun. Tidak hanya itu, setiap kamar juga dilengkapi dengan dua hingga lima tempat tidur tergantung pada ukuran kamar. Kemudian, lemari pendingin atau kulkas dan peralatan lainnya sesuai dengan standar pelayanan hotel.

Menariknya, hampir di setiap lantai hotel ini terdapat lebih dari satu dispenser. Hal itu untuk memudahkan jemaah minum air agar tidak mengalami dehidrasi mengingat cuaca saat ini memasuki musim panas.

Hal yang sama juga terlihat di Hotel Safwat Al Madinah dan Hotel Abraj Taba. Hotel-hotel ini juga menyiapkan berbagai fasilitas untuk jemaah haji khususnya lansia seperti, kursi roda, dispenser, dan sebagainya. Bedanya, Hotel Abraj Taba memiliki kamar cukup banyak yakni 1.473 kamar karena akan ditempati oleh jemaah dari empat kloter.

"Ini adalah hotel yang akan digunakan jemaah haji kita di Madinah. Hotel hanya berjarak sekitar 100 meter dari Masjid Nabawi," ujar Kasi Akomodasi Daker Madinah Ali Machzumi, Selasa (23/5/2023).

Dari hasil visitasi dan pengecekan, kata Ali, seluruh hotel telah siap menyambut kedatangan jemaah haji. Bahkan, beberapa pengelola hotel dan petugas telah menyiapkan penyambutan.

"Terkait penyambutan jemaah haji dari sisi akomodasi sudah siap 100%. Besok akan kita lihat bagaimana penyambutan dari hotel maupun majmuah yang sudah sangat siap sekali untuk menyambut kedatangan pertama haji kita di Madinah," ucapnya.



Seperti diketahui, besok ada 16 kloter jemaah haji yang berangkat dari delapan embarkasi, yaitu Jakarta-Pondok Gede (JKG), Jakarta-Bekasi (JKS), Solo (SOC), Makassar (UPG), Aceh (BTJ), Kualanamu/Medan (KNO), Batam (BTH), dan Surabaya (SUB).
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2285 seconds (0.1#10.140)